Ketahui Syarat Air Berkualitas yang Anda Konsumsi

Ketahui Syarat Air Berkualitas yang Anda Konsumsi

Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, Air berada pada urutan pertama. Karena air memenuhi tubuh manusia dengan persentase sebanyak 60-70% . Oleh karena itu, jika anda tidak mengkonsumsi air Anda akan terkena  dehidrasi. Meskipun begitu, Anda tidak bisa sembarangan mengkonsumsi air. Anda harus cermat dalam memilih air yang akan Anda konsumsi. Sebab bersih saja tidak cukup untuk mendukung kualitas air tersebut.

Meskipun pada umumnya, masyarakat hanya menilai kualitas air secara fisik saja. Masyarakat mematok bahwa air yang bersih adalah air yang pasti berkualitas. Padahal ada beberapa syarat untuk menentukan kualitas air dan perlu anda ketahui sebelum mengkonsumsi air agar kebutuhan hidup Anda terpenuhi. Dan pastinya  Anda akan mendapatkan kesegaran dari air yang Anda konsumsi. 

Dalam peraturan menteri kesehatan Nomor 492 tahun 2010 yang telah teruji oleh Badan Pengawasan Obat dan Makan atau BPOM. Air yang berkualitas memiliki tiga syarat, yaitu syarat fisik,kimiawi, dan syarat mikrobiologi. Agar anda semakin paham silahkan simak penjelasan berikut.

3 syarat air yang harus diperhatikan

1. Fisik

Syarat ini berkaitan dengan kondisi air yang dapat dilihat oleh panca indera manusia. Air tersebut harus jernih, tidak ada kotoran yang terendap di bawah, tidak berbau, tawar,dan memiliki suhu ruang sekitar 10-20 derajat celcius. 

2. Kimiawi

Syarat ini tentunya berhubungan dengan dunia kimiawi yaitu, keasaman, kandungan mineral,dan bahan kimia lain yang ada dalam kandungan air. Air yang sehat harus mengandung beberapa kandungan kimia, antara lain adalah Zn (seng ),Fe ( zat besi ), Cu ( tembaga ), Mn ( mangan), Cl (klorida),tentunya dalam kadar tertentu. 

Selain itu, air layak konsumsi harus memiliki pH yang netral yakni sekitar 7 dan memiliki yodium yang cukup. 

Untuk menentukan apakah air mengandung racun anda  dapat melihat dari kondisi fisiknya. Seperti bau dan warnanya. 

3. Mikrobiologi

Air tentunya harus bebas dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Kebanyakan bakteri tersebut adalah bakteri penyebab diare dan sakit perut. Yaitu bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. Kuman tersebut tidak bisa dikenali dengan melihat tanda fisiknya saja. Melainkan dengan uji laboratorium.

Agar Anda semakin yakin bahwa air yang Anda minum adalah air yang memenuhi syarat layak minum. Anda dapat membawanya ke laboratorium atau BPOM yang dekat dengan rumah Anda.

Bila ternyata hasil dari uji laboratorium Anda menunjukkan bahwa air tersebut tidak layak minum. Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu dengan produk filter air . Atau jika Anda ingin hal yang mudah, Anda bisa membeli air pada depot air yang telah terpercaya dan teruji oleh laboratorium. Tentu saja depot air tersebut memiliki sertifikat dari kementerian kesehatan yang memperlihatkan dengan jelas bahwa depot tersebt memang menjual air yang berkualitas. Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih depot air yang Anda tuju. 

Dalam penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa air yang berkualitas adalah air yang tidak berasa, berbau, bewarna,mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tentunya tidak mengandung logam berat. Ingat, memperhatikn kualitas air yang Anda minum sangat penting. Karena air mengambil peran besar dalam tubuh. 

Jangan lupa bahwa air sangat penting bagi tubuh. Pastikan Anda tidak kekurangan cairan. Perhatikan pula syarat air yang telah dijelaskan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA