Cara mengolah air untuk dikonsumsi

Cara mengolah air untuk dikonsumsi

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di bumi ini, tanpa air kita tidak bisa hidup. Oleh karena itu, untuk mendapatkan sumber air umumnya masyarakat membuat sumur bor atau sumur gali ada juga yang menggunakan air PDAM. Dengan kedalaman rata-rata 4 sampai 5 meter, tetapi ukuran tersebut biasa di gunakan di daerah dataran rendah beda lagi jika berada di dataran tinggi.

Karena ada berbagai macam jenis air, seperti air hujan, air laut, air sungai, air sumur, dan masih banyak lagi jenis air lainnya.

Air tersebut memang jika dilihat tidak bermasalah, artinya air tersebut selama masih jernih, tidak berbau, dan tidak keruh saat dilihat secara kasat mata mungkin sudah aman untuk digunakan. Padahal tidak semua air yang jernih bisa dikonsumsi, seperti air sungai yang terlihat jernih, tetapi sebenarnya terdapat kandungan bakteri jika dikonsumsi.

Oleh karena itu untuk memastikan air layak untuk dikonsumsi atau tidak, kita bisa mengeceknya sendiri. 

Berikut merupakan ciri-ciri air bersih yang layak untuk digunakan.

 

  • Tidak keruh tetapi jernih

 

Ciri-ciri pertama yaitu jernih dan tidak keruh, kriteria ini sangat mudah untuk dilihat secara kasat mata. Air yang jernih berarti air tersebut tidak tercampur zat lain atau partikel-partikel yang membuat air menjadi keruh seperti, tercampur dengan debu, tanah dan zat lainnya.

 

  • Tidak berbau

 

Air bersih yang layak digunakan yaitu tidak berbau apa-apa. Terlebih jika air yang digunakan berada di tempat-tempat yang mempunyai bau menyengat. Maka air yang dihasilkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika dicium.

Contohnya air yang berbau karat, air tersebut mungkin saja berada pada tempat yang berkarat.

 

  • Mempunyai pH netral

 

Kadar pH dalam air menunjukan kandungan kimia di dalamnya.

Untuk air minum yang layak dikonsumsi, kadar pH air minum umumnya sekitar 6 sampai 7 tetapi ada yang lebih yaitu sekitar 8 sampai 9.

 

  • Tidak berwarna

 

Ciri-ciri selanjutnya yaitu air tidak berwarna, artinya tidak ada warna yang ikut tercampur di dalam air.

Diatas merupakan beberapa ciri-ciri air yang layak untuk dikonsumsi.

Pada umumnya masyarakat mengonsumsi air sumur, karena mudah untuk diolah. Padahal air tanah atau air sumur sering mengandung zat besi (Fe) dan Mangan (Mn).

Adanya zat besi dan mangan dalam air menyebabkan warna air menjadi kuning kecoklatan, bahkan untuk mencucui pakaian pun bisa membuat warna pakaian menjasi kuning.

Permasalahan yang sering timbul yaitu sering dijumpai kualitas air yang yang tidak layak untuk dikonsumsi. Air yang layak untuk dikonsumsi mempunyai beberapa standar persyaratan yaitu secara fisis, kimiawi, dan bakteriologis. Syarat tersebut adalah satu kesatuan yang sudah ditentukan standarnya, jika ada salah satu parameter yang tidak memenuhi syarat maka air tersebut tidak layak untuk diminum. 

Berikut penjelasan tentang cara mengolah air untuk dikonsumsi

Salah satu cara untuk mengolah air tanah atau air sumur untuk bisa mendapatkan air dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan dan standar air layak dikonsumsi.

Alat Hydro Reverse Osmosis merupakan salah satu alat alternatif yang bisa menghilangkan semua kontaminan serta mampu menghasilkan air yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Dengan Hydro Reverse Osmosis ini ada 5 tahap penyaringan yang telah ditentukan, sehingga menghasilkan air yang lebih baik dengan menurunkan TDS, memurnikan air, dan menghilangkan zat-zat berbahaya lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA