Ini Dia Keuntungan Air Minum Kemasan dan Kekurangannya

Ini Dia Keuntungan Air Minum Kemasan dan Kekurangannya

AMDK atau bisa juga disebut dengan Air Minum Dalam Kemasan memang menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. Masyarakat memilih air minum dalam kemasan karena dinilai lebih praktis, sudah pasti aman untuk dikonsumsi dan mudah untuk mendapatkannya meskipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ada juga yang beranggapan bahwa air minum dalam kemasan lebih sehat untuk tubuh, dibandingkan dengan air sumur atau air keran yang dimasak. Namun benarkah air minum dalam kemasan lebih sehat untuk tubuh? Atau memiliki manfaat yang beragam? Untuk lebih paham, mari kita simak penjelasan mengenai apa saja keuntungan air minum kemasan dan kekurangannya.

Keuntungan Air Minum Kemasan

Beberapa keuntungan ini akan Anda dapatkan jika memilih air minum kemasan, yaitu:

Lebih Praktis

Inilah yang menjadi alasan utama kenapa masyarakat sangat menggemari air minum yang ada di dalam kemasan, karena dinilai lebih praktis. Ini wajar terjadi karena kita bisa menemukan air minum kemasan dimana saja, setiap warung dan bahkan supermarket sekalipun menjual air kemasan. Selain itu berbagai lapisan masyarakat bisa membelinya.

Kaya Akan Mineral Alami

Air mineral memang kaya akan mineral alami, karena diambil dari air pegunungan vulkanik dan diproses secara higienis sehingga aman untuk dikonsumsi tanpa mengurangi atau membuang kandungan mineral yang ada di dalamnya. Mineral bermanfaat untuk tubuh seperti menyehatkan jantung dan pembuluh darah, mengurangi kolesterol kahat, mengatasi sembelit dan bahkan menyehatkan tulang.

Jadi sudah bisa dipastikan ya bahwa rumor yang mengatakan bahwa air mineral menyehatkan tubuh memang benar adanya. Bahkan seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu lebih disarankan untuk mengonsumsi air mineral.

Kekurangan Air Minum Dalam Kemasan

Setelah mengetahui apa saja keuntungannya, mari kita simak apa saja kekurangan yang ada di dair minum dalam kemasan.

Menumpuknya Sampah Plastik

Dunia memang sedang darurat sampah plastik, bahkan Indonesia pun telah melarang penggunaan kantong plastik di beberapa minimarket. Namun jika kita terus mengonsumsi air kemasan yang menggunakan botol platik, maka sampah plastik akan terus bertambah dan sangat tidak baik untuk lingkungan. Plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa terurai dengan baik.

Plastik yang Bisa Menjadi Racun

Disamping kepraktisannya, ternyata kemasan plastik di air mineral bisa menjadi racun. Di botol plastik air kemasan bisa saja mengandung mikroplastik. Jika mikroplastik masuk ke dalam tubuh secara terus menerus, akan membuat organ-organ tubuh seperti hati dan ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, hindari menaruh air kemasan di bawah terik matahari secara langsung, karena zat-zat kimia yang ada di botol bisa larut ke air. Jangan lupa untuk memperhatikan kode yang ada di botol air minum.

Lebih Mahal

Memang harga air minum kemasan lebih mahal jika dibandingkan dengan kita merebus air sumur atau air keran. Sebenarnya harga yang lebih mahal ini karena kepraktisan yang bisa kita dapatkan dengan memilih air minum kemasan. Harga yang lebih mahal juga bisa Anda dapatkan jika memilih air galon. Untuk membeli satu galon air yang berukuran 19 liter, Anda perlu membayar sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu rupiah. Tentunya harga tersebut bergantung dari daerah tempat Anda tinggal.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja keuntungan air minum kemasan dan apa saja kekurangannya? Setelah mengetahui kedua faktor tersebut, apakah Anda tetap memilih air minum kemasan sebagai pelepas dahaga setiap harinya? Atau lebih memilih merebus air sumur atau keran di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *