Apa Bedanya Air Mineral dengan Air Putih Biasa?

Apa Bedanya Air Mineral dengan Air Putih Biasa?

Manusia memang sangat membutuhkan air, tidak heran kalau air bisa disebut sebagai sumber kehidupan karena manfaatnya yang begitu beragam. Mengonsumsi air yang cukup ternyata tidak hanya bisa melepaskan dahaga ketika kita haus, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Dan pada artikel kali ini pembahasan kita mengenai apa yang membedakan air mineral dengan air putih biasa.

Manfaat Air Mineral

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada begitu banyak manfaat air. Jika mengkonsumsi air dengan mineral secara rutin, maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat ini:

 

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang

 

Mineral yang terkandung di dalam air merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk tulang. Fakta menunjukan bahwa air yang mengandung mineral, bisa menjadi sumber kalsium yang bahkan setara dengan susu! Tidak hanya itu, mineral juga mengandung bikarbonat dan magnesium yang juga berfungsi menjaga kesehatan tulang kita.

 

  • Bermanfaat Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

 

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia, fungsinya sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh sehingga manusia bisa menjalani aktivitas dengan baik. Karena peranan jantung yang begitu besar untuk tubuh, maka jantung perlu dijaga kesehatannya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk ikut menjaga kesehatan jantung yaitu dengan rutin mengkonsumsi air yang mengandung mineral.

Air dengan mineral memiliki kandungan magnesium sehingga bagi para penderita hipertensi bisa menurunkan tekanan darah dan juga menurunkan risiko terjadinya kematian akibat penyakit jantung koroner. Kalsium karbonat yang ada di dalamnya juga dapat menurunkan kadar lemak jahat, namun meningkatkan kadar lemak baik.

 

  • Sistem Pencernaan Sehat

 

Natrium dan magnesium yang terkandung di dalamnya sudah terbukti bisa mencegah dan mengatasi sembelit sehingga sistem pencernaan pun menjadi lebih sehat.

 

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Dan yang terakhir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit. Ini berkat selenium yang terkandung di dalamnya sehingga sel-sel imun bisa bekerja dengan baik dan keseimbangannya pun tetap terjaga.

Bedanya Air Mineral dengan Air Putih Biasa

Dan sekarang kita akan membahasa apa bedanya kedua air tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari lihat pembahasan di bawah ini.

 

  • Air Mineral

 

Air jenis ini diambil dari pegunungan vulkanik sehingga kaya akan mineral alami. Selanjutnya air diolah tanpa tambahan zat-zat lain, sehingga kemurnian air pun tetap terjaga. pH airnya sendiri berkisa antara 6 hingga 8,5.

 

  • Air Putih

 

Air putih bisa dengan mudah kita dapatkan, sumber airnya di danau, sumur atau sungai. Sebelum air benar-benar layak untuk diminum, maka perlu melewati beberapa kali proses penyaringan, sehingga kandungan mineral yang ada di dalamnya pun berkurang.

Air putih bisa saja mengandung mikroorganisme seperti bakteri, kotoran dan parasit yang berasal dari hewan atau manusia. Sehingga jika air putih tidak dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, bahkan menyebabkan kematian apalagi jika sumber air sudah tercemar limbah-limbah industri atau bahan kimia lainnya.

Sebenarnya kita juga bisa mendapatkan mineral bukan hanya yang berasal dari air mineral saja. Karena makanan sehari-hari seperti buah-buahan dan sayur juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Meskipun demikian, kandungan mineral yang ada pada air tentu akan mendatangkan manfaat yang lebih banyak untuk tubuh. Jika Anda sedang terkena suatu penyakit, maka lebih disarankan untuk mengonsumsi air yang mengandung mineral, dibandingkan air putih bias mengingat manfaat air mineral yang memiliki manfaat besar untuk tubuh kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *