Inilah Alasan Sebaiknya Anda Tidak Konsumsi Air Kemasan

Inilah Alasan Sebaiknya Anda Tidak Konsumsi Air Kemasan

Pernahkah Anda mengira bahwa air minum dalam kemasan merupakan air minum yang paling sehat karena terbebas dari bahan-bahan yang berbahaya? Atau bahkan Anda mengira bahwa air kemasan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh? Padahal kenyataannya tidak semua air minum dalam kemasan aman dikonsumsi. Inilah yang mendasari bahwa air minum kemasan berbahaya, apa saja?

Menyebabkan Kemandulan

Bahan kimia yang terdapat di plastik akan larut di air jika air terus menerus bersentuhan dengan plastik. Sehingga jika Anda mengonsumsinya secara terus menerus akan menyebabkan kemandulan.

Menyebabkan Kanker

Kanker bisa juga disebabkan oleh air minum dalam botol plastik, ini juga sudah terbukti lewat penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan. Memang kemasan plastik juga biasa digunakan pada makanan, namun bedanya makanan sudah ditambahkan bahan-bahan pengawet, sehingga berbeda dengan air minum yang memang tidak menambahkan pengawet atau bahan lainnya. Bahan kimia yang ada di botol plastik air minum dapat larut ke air sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker.

Menimbun Sampah Plastik

Seperti yang kita ketahui, plastik menyumbang sampah yang paling banyak di dunia. Penggunaan plastik memang praktis dan harganya juga lebih hemat tapi sayang dampak yang dihasilkan oleh plastik sangatlah merusak. Satu kantong plastik tipis saja membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa terurai. Jika satu orang menggunakan satu botol plastik kemasan, bisa dibayangkan berapa banyak jumlah sampah yang dihasilkan oleh orang-orang di dunia?

Pemerintah di berbagai negara di dunia memang sedang gencar-gencarnya memerangi sampah plastik dengan melarang penggunaan kantong belanja berbahan plastik. Sudah begitu banyak sampah plastik yang ada di bumi kita sehingga menyebabkan berbagai pencemaran, mulai dari pencemaran air, tanah, hingga udara.

Maka dari itu untuk menyelamatkan lingkungan dan bumi, hindarilah mengonsumsi air minum dalam kemasan dan beralih ke botol minum yang bisa digunakan secara berulang. Selain ramah lingkungan, dengan menggunakan botol juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Menjadi Barang Mewah

Bayangkan jika dalam sehari saja Anda mengonsumsi 4 air minum dalam kemasan yang satuannya seharga 4 ribu rupiah, dalam sebulan Anda mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk air minum! Padahal uang tersebut bisa Anda gunakan untuk kepentingan lainnya seperti membeli makan, alat tulis, kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

Meninggalkan Jejak Karbon di Dalam Tubuh

Banyak orang yang mengira bahwa air minum dalam kemasan memang tidak berbahaya dan sangat aman dikonsumsi. Padahal mereka belum tahu bahwa air tersebut telah melalui perjalanan yang sangat panjang sebelum air dipasarkan. Air yang berada selama perjalanan tersebut ada di dalam botol telah terkontaminasi karbon yang ada di dalam plastik. Jika melihat jangka panjangnya, maka karbon yang ada di botol plastik sangatlah berbahaya.

Kurangnya Standardisasi Keamanan

Meskipun sudah banyak produsen air minum kemasan yang mendapat izin kelayakan untuk penjualan air, tetap saja ada pedagang nakal yang memanfaatkan situasi demi mendapat keuntungan berlimpah. Pedagang nakal ini tidak memperhatikan standardisasi keamanan dan mereka juga tidak perduli dengan kualitas air yang dipasarkan. Yang ada di pikiran mereka hanyalah keuntungan. Padahal standardisasi keamanan sangatlah penting agar bisa mengahsilkan air minum yang berkualitas tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi manusia.

Setelah mengetahui apa saja alasan untuk tidak mengonsumsi air kemasan, apakah Anda masih tetap ingin mengonsumsi air minum dalam kemasan ini? Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA