Tips Memulai Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang

Tips Memulai Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis depot air minum isi ulang memang mudah untuk dijalankan karena tidak memerlukan keahlian khusus. Tapi meskipun demikian, untuk Anda yang baru saja memulai bisnis depot air minum isi ulang perlu mengikuti tips-tips berikut ini agar bisa menghasilkan keuntungan.

 

Siapkan Lokasi Bisnis

 

Tips pertama adalah menyiapkan lokasi bisnis. Lokasi yang Anda siapkan haruslah tepat, misalnya strategis. Bagaiman lokasi yang strategis untuk depot air minum isi ulang? Lokasi yang dekat dengan kos-kosan, UMKM, perkantoran dan lain sebagainya. Jika lokasi rumah Anda memang berada di lingkungan seperti ini, maka Anda tidak perlu menyewa tempat lagi. Karena Anda sudah bisa membuka bisnis di depan rumah.

 

Mengurus Perizinan

 

Air minum yang Anda jual haruslah aman untuk dikonsumsi manusia, maka dari itu kelayakan air minum harus sangat diperhatikan. Air minum wajib memenuhi standardisasi yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan dan juga ketentuan-ketentuan lainnya. Maka dari itu jika Anda ingin berbisnis depot air minum isi ulang, perlu mengurus perizinan dan legalitas, agar bisa menumbuhkan rasa aman dan percaya konsumen. Bagaimana jika tidak mengurus perizinan? Akibatnya sangat fatal, mulai dari konsumen yang tidak percaya, menyebabkan berbagai penyakit ke konsumen karena air minum yang kurang layak dan bahkan bisa terjerat hukum.

 

Tentukan Sumber Mata Air

 

Tips yang ketiga adalah menentukan sumber mata air. Sebenarnya ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu mengambil air dari PDAM atau pegunungan. Dari kedua pilihan tadi, tentu air pegunungan memang lebih mahal karena air yang berkualitas tinggi. Jika Anda merasa repot, bisa menerapkan sistem franchise (kemitraan).

 

Siapkan Modal dan Alat-Alat

 

Perkiraan modal awal adalah Rp 20 juta, ini sudah cukup untuk membeli peralatan yang nantinya akan digunakan seperti mesin isi ulang air dan galon.

 

Mulailah Untuk Pekerjakan Karyawan

 

Sebenarnya ini opsional, Anda bisa mempekerjakan karyawan atau tidak. Karyawan ini dapat mengantarkan pesanan galon air ke konsumen. Tapi jika Anda bisa melakukannya sendiri, maka tidak perlu mempekerjakan karyawan.

 

Menawarkan Langsung ke Konsumen

 

Saat baru saja membuka bisnis depot air minum isi ulang, tentu belum banyak orang yang mengetahui tentang bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu lakukanlah promosi dengan cara menawarkan langsung ke konsumen yang ada disekitar depot air minum isi ulang Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan spanduk atau banner, agar orang-orang yang lewat bisa mengetahui depot air minum Anda.

Jangan lupa sertakan surat perizinan di dinding depot, agar konsumen merasa aman dan percaya bahwa air minum memang layak untuk dikonsumsi. dan tentunya membuat mereka datang kembali menjadi konsumen tetap anda nantinya.

 

Sediakan Peminjaman Galon Gratis Sebagai Promosi

 

Sebagai promosi pembukaan depot, cobalah untuk menyediakan layanan peminjalam galon gratis. Tentunya masyarakat akan sangat senang dengan adanya promosi ini, seperti yang kita ketahui harga galon memang tidak murah bahkan harganya bisa mencapai Rp 100 ribu.

 

Promosi Secara Online

 

Di zaman sekarang ini memang para pelaku bisnis sangat dimudahkan jika ingin melakukan promosi. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya untuk bisa mempromosikan depot air minum isi ulang yang Anda jalankan.

Begitulah 8 tips yang bisa Anda coba. Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan tentunya selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA