Cara Menaikkan pH Air RO Agar Tidak Asam

Cara Menaikkan pH Air RO Agar Tidak Asam

Cara Menaikkan pH Air RO – pH merupakan taraf asam basa sebuah larutan yang dinilai dengan skala 0 sampai dengan 14. Tingkat pH merupakan parameter banyaknya ion hidrogen yang mewakili keasaman atau kebasaan sebuah larutan. Larutan asam mempunyai ion hidrogen bebas lebih banyak ketimbang larutan alkali yang mempunyai ion hidrogen bebasnya lebih sedikit.

Tiap-tiap zat yang mempunyai pH rendah ialah asam dan zat yang mempunyai pH tinggi dinamakan basa atau alkali. Skala pH berkisar antara 0 hingga 14 sehingga  jika pH-nya 7 berarti netral. Jadi jika pH-nya kurang dari 7 memiliki sifat asam dan pH-nya lebih dari 7 memiliki sifat basa.

Air yang sudah diproduksi secara baik dengan sistem RO menghasilkan air yang sudah murni, namun setelah melalui membran semipermiabel air itu bersifat asam. Hal ini berarti air RO memiliki pH rendah. Sifat air RO memperlihatkan pH berkisar diantara angka 5.00 hingga 6.00. Bagaimanakah cara menaikkan pH air RO yang termasuk rendah ini?

Cara Menaikkan pH Air RO

Asam dan basa adalah zat kimia yang biasa kita temukan dalam kehidupan setiap hari. Pernahkah Anda memperhatikan soda kue, cuka atau asam sitrun? Nah, soda kue ialah contoh bahan makanan yang memiliki sifat basa, sementara itu cuka dan asam sitrun merupakan contoh zat yang memiliki sifat asam.

Guna mengenali apakah sebuah zat sifatnya asam atau basa, maka jangan melakukannya dengan cara mencium atau malah mencicipi zat itu lantaran sejumlah zat asam dan basa memiliki sifat membahayakan nyawa. Asam Sulfat atau H2SO4 (Hidrogen Sulfat) yang terdapat dalam aki adalah sebuah asam kuat yang akan membuat kulit melepuh bila mengenainya. Guna menetapkan apakah sebuah zat disebut asam atau basa, maka gunakanlah pH meter. Asam mempunyai pH < 7, sementara itu basa memiliki pH>7.

Cara menaikan pH air RO dengan menggunakan HYPER CLEAN 578. Hyper Clean adalah cairan murni buat meningkatkan pH air yang terasa asam karena pH-nya rendah berada di bawah standar air bersih, yakni 6,5. Penggunaan Hyper Clean ini bisa diterapkan sebagai cara  menaikkan pH air RO, air baku industri, air sumur atau sungai, dan PDAM.

pH air RO rendah terjadi sesudah melalui membran Reverse Osmosis. Penurunannya bisa mencapai setengah hingga dua pH, meskipun dulunya air baku standar bernilai 6,5 sampai 8,5. Dengan bantuan Hyper Clean pH problem itu bisa ditangani.

Kelebihan HYPER CLEAN pH dalam cara menaikkan pH air RO diantaranya:

  1. Penggunaannya irit sekali dan cepat ketika meingkatkan jadi pH standar air minum yakni 6,5 sampai 8,5.
  2. Berupa cairan murni sehingga minim endapan di dalam air baku.
  3. Tidak berbahaya bagi air minum.

Cara pemakaiannya

  1. Manual, tuangkanlah Hyper Clean pH sedikit-sedikit ke dalam air baku, misalnya tandon air . Periksa pH-nya hingga mencapai pH standar yaitu 6,5 hingga 8,5 dengan memakai alat ukur kertas pH paper/ kertas lakmus ataupun dengan HANNA pH digital.
  2. Otomatis, persiapkanlah dosing pump atau pompa chemical CHEMTEC. Pasang pada pipa di bagian yang mengarah ke air baku atau tandon air. Buatlah larutan Hyper Clean pH lalu suntikkan atau injeksikan dengan menggunakan pompa chemical itu. Aturlah dosis pada pompa chemical. Periksalah pH hingga mencapai pH standar 6,5 sampai 8,5 dengan memakai alat ukur pH seperti Hanna pH digital, kertas lakmus/pH maupun pH meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *