Perbedaan Air RO dan Kangen Water yang Penting Diketahui

Perbedaan Air RO dan Kangen Water yang Penting Diketahui

Air adalah bahan yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebutuhan air, entah untuk mandi, cuci ataupun minum, pada umumnya dipenuhi lewat berbagai sumber. Tubuh manusia memerlukan asupan air minimal 1,5 – 2 liter setiap harinya supaya bisa berfungsi dengan baik. Khusus untuk air minum salah satu sumbernya berasal dari air minum kemasan. Saat ini di Indonesia terdapat beberapa jenis air minum kemasan seperti air RO, kangen water, air mineral, dll. Namun apa sih perbedaan air RO dan kangen water?

Dari totalitas air yang dipergunakan oleh manusia, air minum menduduki posisi spesial karena air yang diminum manusia mesti bebas dari berbagai bahan yang berpotensi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Air yang diperoleh dari alam dan bisa dikonsumsi mesti memenuhi kategori tak berwarna, tak berbau, dan tak mempunyai rasa. Tetapi sejalan dengan kemajuan teknologi, air minum kemasan mempunyai beragam fitur yang inovatif seperti rasa yang lebih segar, rasa yang lebih manis, dan memiliki gelembung.

Inilah Perbedaan Air RO dan Kangen Water

Saat ini tidak sedikit yang bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan air RO dan kangen water itu. Air yang diproses dengan teknik reverse osmosis akan mengeluarkan air yang bersih, jernih, tak berbau. Secara kasat mata air ini adalah air yang sudah memenuhi syarat standarisasi air minum yang baik. Tetapi sistem reverse osmosis akan menghilangkan mineral-mineral alami yang terdapat pada air minum. Padahal mineral tersebut dibutuhkan sekali untuk metabolisme tubuh dan memberikannya rasa alami pada air minum. Pada akhirnya air yang dihasilkan dari sistem RO ini tidaklah sehat lantaran beberapa zat penting buat tubuh hilang.

Air RO memang terdiri dari unsur air atau H2O saja. Air jenis ini tidak memiliki kandungan mineral air di dalamnya karena dalam proses penyaringannya tersebut kandungan mineral air yang terdapat di dalam air tadi seperti zat besi, kalium, magnesium, dsb dibuang. Alhasil dapat disebut air RO merupakan air murni. Air RO diproduksi dengan memakai beberapa tahapan tersendiri. Proses penyaringan airnya lebih ketat dengan memakai alat membran RO. Dari 4 Liter air yang diproses, maka hanya 1 Liter yang menjadi air RO, sedanglam 3 liter lagi dikeluarkan sebagai limbah.

Sementara itu kangen water ialah air minum murni yang diperoleh dari proses menggunakan mesin kangen water. Kangen water merupakan air minum yang menyehatkan karena bersih dari zat-zat kimia serta mempunyai pH kira-kira 8.5-9.5. Air ini mempunyai molekul yang berukuran lebih kecil daripada air biasa. Jadi lebih gampang diserap tubuh. Disamping itu, air ini pun adalah air yang telah diionisasi sehingga elektron di dalam air sehat ini mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

Air memang perlu ada dalam keseimbangan pH alkali atau basa yang secara alamiah berada kira-kira pada pH 7,3. Kangen water mempunyai pH 8,5 hingga 9,5 sehingga sifatnya basa atau alkali dimana mempunyai reduksi yang kuat untuk menangkal proses penuaan dan membantu mempertahankan tubuh pada pH basa optimal 7,3. Tetapi taraf pH tubuh kerap terganggu oleh konsumsi makanan dan minuman yang condong bersifat asam, dehidrasi serta stres. Sudah dikenal secara luas di dunia kesehatan kalau tubuh yang ada dalam kondisi asam menjadi pusat penyebab penyakit seperti jantung, batu ginjal, kanker, tumor, diabetes, osteoporosis, kegemukan, kolesterol, tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit lainnya.

Dari bahasan perbedaan air RO dan kangen water itu bisa ditarik kesimpulan bahwa kangen water jauh lebih baik, berguna dan menyehatkan bila dibandingkan dengan air RO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *