Perhitungan Bisnis Usaha Air Minum Isi Ulang Galon supaya Tetap Untung

Perhitungan Bisnis Usaha Air Minum Isi Ulang Galon supaya Tetap Untung

Pengetahuan tentang Bisnis Usaha Air Minum Isi Ulang Galon sangat penting supaya yang dijalankan bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Anda perlu mengetahui apa saja biaya yang harus dikeluarkan dan berapa besar pendapatan yang bisa dihasilkan sehingga Anda bisa membuat target dan memperkirakan keuntungan yang akan didapatkan. Simak tulisan di bawah ini untuk tahu cara perhitungan yang benar.

Perhitungan Jual Air Minum Isi Ulang agar Menguntungkan

Secara umum, bisnis air minum isi ulang terdiri dari tiga kelompok, yaitu:

  1. Usaha  air isi ulang biasa, yaitu air minum yang dijual tanpa merek atau menggunakan merek sendiri dan belum terkenal.
  2. Bisnis air isi ulang dengan teknologi RO (reverse osmosis) yang menghasilkan air siap minum dengan kualitas lebih baik dibanding air minum isi ulang biasa.
  3. Usaha air mineral bermerek, yaitu bisnis yang sifatnya hanya menjual air yang sudah diproses oleh pabrik, jadi pemilik usaha tidak perlu membeli alat untuk melakukan proses pengolahan sendiri.

Tulisan ini hanya akan membahas perhitungan untuk usaha air minum isi ulang jenis pertama dan kedua. Untuk mengetahui cara melakukan perhitungan jual air isi ulang dan faktor-faktor yang perlu diperhitungkan, simak contoh analisis usaha di bawah ini. Anda bisa mengubah angka-angka sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Modal yang Dibutuhkan

Sebelum memulai usaha ini, tentu Anda sudah harus mempersiapkan sejumlah uang sebagai modal awal. Modal awal ini diperlukan untuk membeli paket usaha air minum isi ulang, galon kosong, dan perlengkapan lainnya.

Contoh perhitungannya adalah:

  • Paket mesin air isi ulang              : Rp25.000.000
  • Galon kosong 20x@Rp25.000   : Rp500.000
  • Perlengkapan lain                         : Rp500.000

Total                                                       : Rp31.000.000

Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan dan biasanya besarnya relatif tetap. Untuk perhitungan jual air isi ulang, biaya operasional meliputi biaya listrik, air baku, gaji karyawan, dan lain-lain dengan contoh sebagai berikut.

  • Listrik                                                                  : Rp200.000
  • Air baku pegunungan 2 truk x Rp200.000 : Rp400.000
  • Gaji karyawan 2 orang x Rp1.000.000         : Rp2.000.000
  • Lain-lain : Rp400.000

Total                                                                          : Rp3.000.000

Pendapatan Kotor

Setelah menghitung modal yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menghitung perkiraan pendapatan kotor per bulan, yaitu total pendapatan sebelum dikurangi biaya operasional. Untuk itu, Anda harus menetapkan target berapa galon air isi ulang yang harus bisa dijual selama sebulan.

Dengan asumsi rata-rata harga jual air sebesar Rp6.000 per galon dan minimal penjualan 50 galon per bulan, pendapatan yang akan diperoleh adalah:

  • Keuntungan dalam sehari: 50 galon x Rp6.000 = Rp 300.000
  • Pendapatan dalam sebulan: Rp 300.000 x 30 hari = Rp9.000.000

Pendapatan Bersih

Seperti pada bisnis lainnya, laba dihitung dari total pendapatan per bulan dikurangi dengan pengeluaran operasional per bulan. Pada contoh di atas, laba per bulan yang diperoleh adalah: Rp9.000.000 – Rp3.000.000 = Rp6.000.000.

Break Event Point (BEP)

Sebelum menikmati keuntungan, Anda harus menghitung break event point (BEP) atau waktu yang dibutuhkan sampai modal kembali. Dengan menggunakan contoh di atas, BEP akan dicapai setelah 5,16 bulan atau dibulatkan 6 bulan yang dihitung dengan cara berikut.

BEP = Modal yang dikeluarkan : Pendapatan bersih per bulan

= Rp31.000.000 : Rp6.000.000

= 5,16 bulan (dibulatkan 6 bulan)

Jika modal dan biaya operasional terbatas, Anda bisa melakukan penghematan misalnya dengan cara memilih paket mesin air isi ulang yang lebih ekonomis dan menjalankan usaha sendiri tanpa pegawai. Dengan begitu, perhitungan jual air isi ulang di atas akan menghasilkan BEP yang lebih cepat.

Tips Usaha Air Isi Ulang Galon

  • Pilihlah tempat yang strategis

Tempat merupakan kunci penting dalam segala hal untuk memulai usaha apapun. Carilah lokasi yang padat penduduk dan juga banyak aktifitas manusia yang berlalu lalang di sekitaran kawasan yang kamu akan buka usaha air isi ulang galon Anda. Buatlah lokasi usaha mu semenarik mungkin, sehingga perhatian orang akan tertuju ke tempat Anda

  • Buatlah promo semenarik mungkin

Persaiangan bisnis tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semakin ketat. Hal tersebut membuat para pengusaha harus pintar memutar otak dan juga mencari inspirasi untuk taktik promosi apa yang akan digunakan. Bisa saja Anda membuat harga special saat pengisian pertama, atau juga buat member khusus air isi ulang galon merk Anda. Buatlah pula gratis pengantaran galon untuk jarak ataupun dengan sistem minimal pembelian. Kuncinya adalah, gunakan bahasa marketing semenarik dan membuat orang berpikir bahwa air isi ulang galon Anda adalah yang terbaik dan termurah di kawasan tersebut.

  • Berikan kualitas terbaik

Persaingan air isi ulang galon tidak bisa dianggap remeh. Banyak yang menggunakan strategi perang harga ataupun strategi lainnya. Namun, Anda jangan keburu panas dulu, tetap berikan kualitas terbaik untuk produk Anda, dijamin market Anda pasti akan mengetahui perbedaan produk Anda dengan produk lainnya.

  • Jangan lupa untuk perizinan

Tips yang tidak boleh terlewatkan, yaitu terkait perizinan ke aparat sekitar terkait membangun usaha air isi ulang galon. Biasanya, karena air merupakan kebutuhan utama manusia, izinnya akan lebih mudah dengan aparat sekitar.

Selain izin, hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu sertifikasi dari pihak dinas kesehatan. Hal ini pun juga menunjukkan bahwa kualitas air isi ulang galon yang Anda berikan bukanlah kualitas yang main-main karena sudah memiliki sertifikasi tersebut.

  • Belajar dari Kompetitor

Adanya persaingan dalam sebuah usaha sudah menjadi hal yang maklum. Namun, persaingan ada sisi positif yang dapat diambil. Anda bisa mempelajari terkait bagaiamana kualitas air milik competitor, pelayanan yang diberikan, harganya juga bagaimana. Jika Anda sudah melakukan riset secara diam-diam terhadap competitor. Diharapkan Anda dapat memberikan hal yang lebih baik kepada customer, sehingga customer pun akan beralih ke produk Anda.

  • Tekun dan juga fokus

Mungkin tips ini bukan hanya tentang air isi ulang galon saja, namun juga untuk usaha lainnya. Apapun dan dimanapun usaha Anda dibangun. Untuk mencapai kesuksesan adalah Anda harus tekun dan juga fokus, jangan mudah patah semangat dan harus gigih dan giat.

Dari keenam tips memulai air isi ulang galon di atas. Diharapkan Anda dapat termotivasi dan juga menjadi pertimbangan yang mendalam saat ingin mengembangkan bisnis air isi ulang galon. Untuk konsultasi lebih detailnya bisa menghubungi marketing Aqualux

Baca Juga : Ketahui Syarat Air Berkualitas yang Anda Konsumsi

7 Alasan Kenapa Bisnis Air Isi Ulang Cukup Menjanjikan

7 Alasan Kenapa Bisnis Air Isi Ulang Cukup Menjanjikan di Mata Masyarakat

Ada banyak peluang usaha yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan serta ketersediaan modal yang dimiliki. Salah satunya adalah usaha air isi ulang dengan prospek pendapatkan yang menggiurkan. Mengingat air putih merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari, tidak heran jika usaha ini akan selalu dicari.

Bagi Anda yang masih ragu menjalankan usaha air untuk isi ulang, barangkali berbagai kelebihan usaha berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Banyak Dicari

Air putih digunakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan setiap harinya. Air putih juga berguna untuk mencukupi kebutuhan air saat memasak nasi, lauk pauk, membuat kue, dan lain sebagainya. Karena selalu dibutuhkan, maka bisnis yang satu ini bukanlah bisnis non musiman.

  1. Mudah dalam Mencari Pelanggan

Lingkup pasar untuk bisnis juga cukup luas mengingat air putih dibutuhkan oleh setiap orang. Untuk mencari pelanggan, Anda bisa memasarkannya di lingkungan sekitar atau bisa juga melakukan pemasaran secara lebih luas. Manfaatkan media sosial atau bahkan website untuk menarik pelanggan.

  1. Bisa Dilakukan Siapa Saja

Usaha yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pegawai hingga ibu rumah tangga. Usaha air minum isi ulang ulang bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan atau bahkanbisnis utama asal dilakukan secara telaten dan juga tekun.

  1. Modal yang Tidak Terlalu Besar

Alasan kenapa sebaiknya bisnis isi ulang air dipertimbangkan adalah karena minimnya modal yang dibutuhkan. Alhasil, Anda yang memiliki budget terbatas juga bisa menjalan bisnis yang satu ini. Modal sebaiknya didapatkan dari tabungan pribadi dan bukan berhutang ke bank.

Modal yang Anda kumpulkan, selanjutnya digunakan untuk membeli beberapa peralatan. Beberapa diantaranya adalah galon, alat pengisi air mineral, serta alat pembersih. Pastikan Anda memperbanyak referensi untuk mencari tahu berbagai peralatan yang dibutuhkan berserta harganya.

  1. Untung yang Cukup Menggiurkan

Meski dengan modal awal yang terbatas, namun penghasilan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Mau menjalankan usaha ini di perkotaan ataupun pedesaan, keuntungan besar siap menanti Anda.

Namun tentunya, penghasilan besar bisa didapatkan jika Anda berani dan memiliki strategi bisnis yang tepat. Karena percuma saja jika bisnis yang dijalankan memiliki prospek yang baik, namun pemilik bisnis tidak melakukan strategi pemasaran yang sesuai.

  1. Mudah Dilakukan

Bisnis yang satu ini cocok dilakukan oleh siapa saja, karena usaha isi ulang galon mudah untuk dijalankan. Apalagi, selama masih ada air maka pasokan air untuk bisnis yang dijalankan juga tidak akan habis. Sehingga, Anda juga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pasokan air secara cukup.

  1. Tempat yang Dibutuhkan Tidak Terlalu Luas

Bisnis yang satu ini juga bisa dijalankan dimana saja. Anda tidak perlu mencari lahan yang terlalu luas, melainkan cukup manfaatkan teras rumah atau bagian rumah yang lain untuk dijadikan sebagai depot sederhana.

Dengan demikian, Anda juga tidak perlu keluar modal lebih untuk membuat ruang baru khusus atau sewa tempat untuk menjalankan bisnis satu ini. Cukup manfaatkannya saja lahan yang ada seperlunya dan lakukan perbaikan sedikit sebagai tempat meletakkan depot dan melayani pelanggan nantinya.

Dan masih banyak lagi alasan kenapa Anda harus menjalankan usaha air isi ulang. Untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak seiring dengan berjalannya waktu, Anda juga harus meningkatkan kualitas, tidak hanya kualitas produk, namun juga kualitas pelayanan Anda.

Pilihan Harga Depot Air Minum Isi Ulang Aqualux

Berikut daftar harga depot air isi ulang update terbaru tahun 2021

1. Paket Minimalis X

Paket Minimalis X
Spesifikasi :
  • 3 Isi + 1 Bilas + 1 Sikat Galon Stainless Steel
  • 2 Housing Filter 10″ + Filter AQUALUX 10″
  • 2 Housing Filter 20″ + Filter AQUALUX 20″
  • Tabung Filter Stainlless 304 – 1054 + Pasir Silika
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Carbon Active
  • IODIN 1000 (Certificate Of Analysis & Halal)
  • 1 Set Sinar Iltraviolet Import 49 watt / 12 Gpn
  • 1 Pompa Stainless Steel
  • 1 Tandon Air 1100 L
  • Ukuran P 165 x L 45 x T 206
  • Pompa SS + Kelistrikan + Pipanisasi Anti Timbal Sudah terinstall di dalam almari & siap pakai
  • Karangka dasar Stainless Steel lebih style, Kokoh & Berkaki.
  • Garansi 1 Tahun

2. Paket Minimalis XL

Paket Minimalis XL

Spesifikasi :

  • 3 Isi + 1 Bilas + 1 Sikat Galon Stainless Steel
  • 2 Housing Filter 10″ + Filter AQUALUX 10″
  • 2 Housing Filter 20″ + Filter AQUALUX 20″
  • Tabung Filter Stainlless 304 – 1054 + Pasir Silika
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Carbon Active
  • IODIN 1000 (Certificate Of Analysis & Halal)
  • 1 Set Sinar Iltraviolet Import 49 watt / 12 Gpn
  • 1 Pompa Stainless Steel
  • 1 Tandon Air 5500 L dan 1100 L
  • Pompa SS + Kelistrikan + Pipanisasi Anti Timbal Sudah terinstall di dalam almari & siap pakai
  • Ukuran P 165 x L 45 x T 206
  • Karangka dasar Stainless Steel lebih style, Kokoh & Berkaki.
  • Garansi 1 Tahun

3. Paket Silver

Paket Silver new

Keunggulan Paket Silver :

  • Dilengkapi dengan filter Bio Energy dan Ozonisasi yang dapat memaksimalkan kualitas air lebih enak dan segar.
  • Ada Sterilisasi untuk galon dalam maupun luar yang berungsi mencegah tumbuhnya kuman dan jamur yang ada dalam galon air. Sterilisasi ini juga disiapkan untuk sterilisasi ruangan depo dan ruang pengisian agar tidak terkontaminasi dengan kuman.

Spesifikasi :

  • 3 Isi + 1 Bilas + 1 Sterilisasi Galon Dalam 1 Sikat Galon Stainless Steel + Pompa SS
  • 6 Housing Filter 20″ + 6 Filter Cartridge 20″
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Pasir Silika
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Carbon Active IODIN 1000 (Certificate of Analysis & Halal).
  • 1 Set Sinar Ultraviolet Import 40 Watt / 12 Gpm.
  • 5 Set Filter Bio Energy
  • Sterilisasi Galon Kosong dalam & Untuk Anti kuman dan anti lumut
  • TAndon Air 5500 L + 2200 L + 500 L SS
  • Tandon Air Sterilisasi 250 L Untuk GAlon & Ruangan
  • POmpa SS + Kelistrikan + Pipanisasi Sudah Terinstal di Dalam almari & Siap Pakai.
  • Ukuran P 260 X L 45 X T 210
  • Kerangka DAsar Stainless Steel lebih style, Kokoh & berkaki.
  • Garansi 1 Tahun
  • Keunggulan paket

4. Paket Platinum

Paket Platinum

Keunggulan Paket Platinum :

  • Model dan Tampilan lebih besar, mewah dan exlusif dilengkapi dengan Running Text yang bisa member pesan dan edukasi kepada konsumen.
  • Dilengkapi dengan filter UF Ultrafiltrasi mempunyai ukuran yang sangat kecil mampu menyaring kepadatan dengan ukuran 0,1 – 0,01 micron yang standart dipakai WTP AMDK. Sehingga mampu menghasilkan air yang kualitasnya sama dengan air AMDK.
  • Dilengkapi dengan filter yang lebih banyak dan extra karbon Calgon USA akan membuat rasa air lebih berkualitas dan enak.
  • Dilengkapi dengan mesin penghitung galon digital akan membantu anda mengontrol jumlah penjualan air galon (omset).

Spesifikasi :

  • 4 Isi + 1 Bilas + 1 Sterilisasi Galon Dalam
    + 1 Sikat Galon SS & 1 Cuci Galon Luar (Menyatu)
  • 7 Housing Filter 20″ + 7 Filter 20″ Aqualux
  • 1 Set UF Ultrafiltrasi
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Pasir Silika
  • Tabung Filter Stainless 304-1054 + Carbon Active
  • IODIN 1000 Plus (Certificate Of Analysis & Halal).
  • 1 Set Sinar Ultraviolet Import 40 Watt / 12 Gpm
  • Ozonisasi + 5 Set Filter Bio Energy
  • Mesin penghitung galon otomatis
  • Running Text
  • Sterilisasi galon kosong dalam & anti kuman dan lumut
  • TAndon Air 5500 L + 2200 L
  • Tandon Stainless Steel 1000 L + 2 Pompa Stainless
  • Tandon Air Sterilisasi 250 L Untuk Galon & Ruangan
  • Pompa SS + Kelistrikan + Pipanisasi sudah terinstal di dalam almari & siap pakai
  • Ukuran P 325 x L 45 x T 220
  • Kerangka Dasar Stainless Steel lebih style, kokoh & berkaki
  • Garansi 1 Tahun

Tag: Harga aqualux terbaru, harga aqualux terupdate, harga aqualux,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA