Cara Memulai Bisnis Instalasi Depot Air Minum Isi Ulang

Cara Memulai Bisnis Instalasi Depot Air Minum Isi Ulang

Cara Memulai Bisnis Instalasi Depot Air Minum Isi Ulang – Air menjadi komponen utama yang dibutuhkan dalam kehidupan. Dalam kehidupan, air tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, tapi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Maka dari itu, penting sekali menyediakan air minum yang cukup.

Saat ini, instalasi depot air minum isi ulang sudah tersebar di berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan akan air minum. Biasanya, usaha ini paling banyak tersebar di daerah kampus atau perkotaan yang mana di daerah itu sangat dibutuhkan air minum isi ulang. Bisnis depot air minum isi ulang memang dinilai cukup menjanjikan. Namun, untuk membuka bisnis ini tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi beberapa standar.

Cara Memulai Bisnis Instalasi Depot Air Minum Isi Ulang

Membuka Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Sesuai Standar

Depot air minum isi ulang adalah suatu usaha dalam pengolahan air mentah menjadi air yang bersih, bebas kotoran, higienis, dan layak untuk langsung dikonsumsi. Tentunya, dalam memproduksi air yang siap untuk dikonsumsi perlu melewati beberapa tahap dengan ditunjang mesin atau alat yang mendukung proses produksi air minum. Sehingga, air minum yang dihasilkan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan Menteri Kesehatan Indonesia nomor 907/Permenkes/SK/VII/2002.

Sebelum membuka usaha depot air minum isi ulang, pengusaha juga harus mengurus berbagai izin dan serta melakukan tes uji kelayakan air minum isi ulang dari laboratorium yang telah ditunjuk oleh pemerintah kabupaten maupun kota yang telah terakreditasi.

Selain memenuhi persyaratan, uji tes, dan izin-izin tertentu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha ini adalah mesin atau alatnya. Tentu membutuhkan berbagai komponen utama yang harus terpenuhi agar mesin yang digunakan memenuhi standar produksi air minum isi ulang.

Terdapat dua komponen utama pada mesin isi ulang air minum, yang pertama adalah filter tabung yang berjumlah 2 buah.  Satu tabung berisi media filter karbon aktif dan tabung satunya berisi media pasir silika. Setiap bahan-bahan tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Tabung yang berisi media filter karbon aktif berfungsi menetralisir rasa dan bau pada air bahan baku, sehingga air minum yang dihasilkan tidak berbau. Sementara itu, media pasir silika berfungsi untuk meningkatkan kejernihan dari air, dan juga memisahkan partikel-partikel penyebab air menjadi kotor dan tidak jernih.

Komponen utama yang kedua adalah lampu ultraviolet (UV), untuk satu set mesin berjumlah satu unit. Lampu ultraviolet ini digunakan untuk sterilisasi air bahan baku dari berbagai kuman dan bakteri yang mengganggu kesehatan.

Jenis serta ukuran lampu UV bergantung pada kapasitas produksi mesin. Jika kapasitas lampu UV lebih kecil dari kapasitas mesin, maka kemampuan sterilisasinya menjadi berkurang. Standar sterilisasi air yang digunakan pada air paling minimal sebesar 0,03 Watt/sec/cm2.

Berikut adalah komponen lengkap yang ada pada mesin depot air minum isi ulang Reverse Osmosis (RO):

1.     1 set UV 40 watt/12 gpm

2.     2 buah tandon masing-masing berkapasitas 5000 dan 1000 liter

3.     2 unit filter tabung utama lapis stainless stell

4.     2 buah head filter tabung semi otomatis

5.     Pasir silika dan karbon aktif masing-masing 1 zak

6.     12 buah filter micro housing 10”

7.     12 buah filter dewater/alinco 10″

8.     6 buah filter bioenergy

9.     1 buah ozone generator

10.  4 buah kran elektrik solenoid

11.  1 set nozel pencucian galon

12.  6 buah neon T5 warna biru 8 watt

13.  5 buah membrane reverse osmosis 100 gpd

14.  5 buah housing membrane reverse osmosis

15.  1 buah booster pum kapasitas 500.gpd

16.  1 set connecting reverse osmosis

17.  3m pipa hdpe 1/4 inch

18.  2 buah switch automatic

19.  1 buah water flow

20.  1 buah tandon stainless stell

21.  1 buah pompa sirkulasi fillin reverse osmosis product

Itulah kelengkapannya yang biasanya sudah tersedia dalam satu paket. Semua komponen kelengkapan instalasi depot air minum bisa Anda dapatkan melalui distributor terpercaya, yaitu Aqualux. Aqualux menyediakan banyak sekali penawaran paket dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Tentunya, semua paket yang ditawarkan sudah memenuhi standar.

Baca Juga :

Bisnis Isi Ulang Air ? Perhatikan Mesin Depot Air Minum Isi Ulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *