Cara Mendirikan Depot Air Minum

Cara Mendirikan Depot Air Minum

Depot air minum menjadi salah satu usaha yang bisa dijalankan dengan keuntungan menggiurkan. Di usaha ini, maka air baku diolah menjadi air yang siap minum. Proses pengolahannya pun tidak boleh sembarangan, karena harus memenuhi persyaratan dari Peraturan Menteri Kesehatan.

Agar menjadi air yang siap diminum dan aman, maka air mentah yang telah diproses harus melalui beberapa tahapan lagi. Prosesnya pun tidak boleh asal, karena berbagai peralatan yang digunakan harus memenuhi kriteria Menteri Kesehatan nomor 907/Permenkes/SK/VII/2002.

Semakin kesini, semakin banyak orang yang berminat untuk mendirikan usaha depot air minum. Hal tersebut terjadi karena berbagai alasan, seperti keuntungan yang menjanjikan dan juga peralatan yang mudah untuk didapatkan.

Cara Mendirikan Depot Air Minum

Jika Anda berminat untuk menggeluti usaha ini dan bingung bagaimana cara memulainya maka ada beberapa cara mendirikan depot air minum yang bisa dicoba. Berikut ini cara-caranya:

 

  • Lokasi Usaha yang Perlu Disiapkan

 

Lokasi usaha memang sangat perlu disiapkan untuk mendirikan depot air minum. Sebenarnya Anda tidak perlu tempat yang terlalu luas maupun penyewa tempat. Karena hanya dengan tempat yang tidak terlalu luas atau bahkan di depan rumah pun, Anda sudah bisa membuka usaha ini.

 

  • Bersihkan Tempat Usaha

 

Setelah lokasi sudah disiapkan, jangan lupa untuk membersihkannya. Jangan sampai tempat yang dipilih kotor, banyak debu atau binatang. Karena air untuk dikonsumsi, Anda harus menjaga kebersihan tempat usaha. Tempat yang kotor juga akan membuat para pelanggan risih dan malah akan membuat mereka memilih depot air minum lain.

 

  • Jangan Lupa Mengurus Perizinan

 

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengurus perizinan. Banyak yang menyepelekan dalam mengurus perizinan ini. Padahal perizinan sangat penting untuk dilakukan. Air yang diolah harus sesuai standar kelayakan agar nantinya tidak ada efek buruk untuk si pengkonsumsi air tersebut. Mengurus perizinan juga akan menghindari Anda dari permasalahan hukum. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali tempat usaha yang ditutup karena tidak memiliki izin.

Setelah mendapatkan perizinan, Anda juga bisa menaruh perizinan di dinding, banner atau spanduk. Ini dilakukan agar para calon pelanggan atau pelanggan merasa aman memilih depot air minum Anda.

 

  • Pilih Sumber Mata Air

 

Salah satu cara mendirikan depot air minum adalah dengan memilih sumber mata air yang tepat. Jika Anda memiliki modal yang cukup dan ingin air minum yang berkualitas tinggi, maka pilihlah air dari pegunungan. Namun jika modal tidak terlalu besar, bisa memilih air dari PDAM. Dari kedua sumber mata air tadi, saat Anda menjualnya ke pelanggan harganya juga berbeda. Air dari pegunungan harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan air PDAM.

Sebenarnya bebas Anda ingin memilih air dari mana, yang paling penting mata air harus bersih dan higienis sehingga aman untuk dikonsumsi. 

 

  • Siapkan Modal dan Peralatan

 

Modal memang sangat penting dalam memulai suatu usaha. Dengan modal sekitar Rp 20 juta untuk peralatannya, Anda sudah bisa membuka usaha depot air minum. Atau Anda bisa juga menjalankan franchise.

Selain itu Anda juga dapat merekrut karyawan untuk membantu mengantarkan air ke konsumen. Dan agar masyarakat tahu bahwa Anda membuka usaha depot air minum, jangan lupa untuk melakukan promosi.

Itulah beberapa cara mendirikan depot air minum. Bagaimana, mudah bukan untuk mendirikannya? Jadi anda hanya perlu mengkalkulasikan dana dan merealisasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *