Ketahui Bahaya Membeli Air Kemasan Sembarangan 

 Ketahui Bahaya Membeli Air Kemasan Sembarangan 

Ketahui dan waspada membeli air minum sembarangan

Bahaya membeli air kemasan sembarangan dapat terjadi kepada anda jika anda tidak dapat memilih air kemasan dengan baik. Meskipun pada umunya air kemasan dinilai sangat efektif. Namun anda harus mampu memilah dengan baik air kemasan yang memiliki standar kesehatan yang jelas. Anda harus menjadi konsumen cerdas untuk memenuhi kebutuhan anda akan air. 

 Terlebih saat ini air minum kemasan dapat dijumpai dimana mana , baik di jalan, bis, maupun tempat lainnya. Sehingga anda  dapat dikonsumsinya dimanapun. Hal ini terlihat sangat baik tetapi juga bisa menjadi hal yang tidak baik jika anda asal membeli air kemasan.  

Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan dengan teliti setiap akan membeli air kemasan. Mulai dari warna, bau ,maupun sumber dari air yang akAn anda konsumsi.  Agar anda tidak merasakan dampak dari air kemasan yang sembarangan anda beli. 

Apa saja dampak tersebut?. Berikut penjelasannya.

Dampak air minum kemasan sembarangan : 

  1. Karena air kemasan adalah air yang dikemas menggunakan botol plastik. Tentu saja hal ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya karena plastik mengandung zat kimia ya g berbahaya jika terus menerus dikonsumsi. Oleh karena itu anda harus memperhatikan dengan teliti setiap akan meminum air kemasan. Pastikan bahwa air kemasan yang akan anda minum telah terbukti baik untuk dikonsumsi karena memiliki sertifikat jelas. 
  2. Air kemasan sembarangan dapat memicu kanker. Hal ini dikarenakan air kemasan sembarangan dikemas secara sembarangan pula. Air kemasan yang dikemas dengan botol yang tidak steril dapat menyebabkan kanker. Hal ini terjadi karena zat kimia dari partikel mikroplastik yang kemudian mengendap dan menempel pada jaringan lemak serta kelenjar limpa. Hal inilah yang dapat memicu kanker. Menurut penelitian dari pakar Toksikologi, Dr.rer.nat. I Made Agus Gelgel Wirasuta, M.Si.
  3. Air kemasan sembarangan dapat menganggu fungsi kerja organ tubuh. Dalam hal ini para ahli mengatakan bahwa air kemasan sembarangan dapat menyebabkan gangguan ginjal karena kandungan mikroplastik dari air tersebut.
  4. Menyebabkan kemandulan, zat beracun yang terdapat pada air kemasan sembarangan atau lebih tepatnya plastik yang digunakan air kemasan sembarangan dapat juga dapat menyebabkan kemandulan. 

Selain yang disebutkan di atas. Air kemasan sembarangan juga tidak memiliki standarisasi keamanan yang jelas. Karena industri air tidak menetapkan secara jelas mengenai aturan standarnya. Terutama mengenai air kemasan. Jadi, hal membuat air kemasan sembarang sering dijual tanpa adanya filtrasi, klarifikasinya, keamanan,dan juga transportasi air dalam kemasan. Oleh karena itu anda harus benar benar menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih air kemasan yang akan anda konsumsi. 

Anda juga harus benar-benar jeli terhadap perjalan air. Karena air kemasan pada umunya memiliki perjalan yang jauh sebelum mencapai tempat air yang dikemas kemudian dijual.  Karena, selama waktu pengiriman air berada dalam botol yang belum teridentifikasi layak digunakan. 

Untuk solusinya, anda bisa mengganti kebiasaan meminum air kemasan dalam botol plastik dengan membawa air minum dari botol biasa. Anda juga bisa mengkonsumsi air isi ulang yang telah memiliki sertifikat kesehatan dari dinas kesehatan seperti Aqualux.  Karena perusahaan Aqualux telah menerima rekomendasi dari kementerian kesehatan sebagai perusahaan air minum isi ulang yang layak dikonsumsi. Perusahaan air minum isi ulang Aqualux telah tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat menemukan depot air minum yang berlogo Aqualux dimanapun anda berada. Ingat, jangan hanya melihat keefektifan suatu benda. Namun perhatikan pula nilai higenis, kebersihan, manfaat terutama untuk anda yang akan anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA