Vtube Terbaru

Vtube Terbaru

Vtube Terbaru, Hiburan Anti-Mainstream Ditengah Pandemi Covid-19

YouTube merupakan situs yang sudah sangat populer dewasa ini. Siapa sangka situs aplikasi berbasis video ini meledak dan menyediakan konten video segar dengan total durasi lebih dari 300jam tiap menitnya. Angka yang fantastis bukan? Seiring perkembangannya, lahirlah Vtube terbaru. Istilah tersebut sebenarnya tak terlepas dari maraknya content creator yang bermunculan saat ini.

Youtuber atau streamer sudah bisa disandingkan sebagai titel pekerjaan yang menggiurkan, karena pihak situs tersebut bekerja sama dengan Google Ad-Sense. Pembuat konten bisa mendapatkan uang dari Iklan yang terpasang dan di publikasikan di video mereka.

Dari sinilah muncul istilah  Vtube terbaru. Vtube sendiri kepanjangan dari Virtual Youtuber dimana sang pembuat konten berbentuk animasi virtual 2 atau 3 dimensi, bukan tampilan realitas manusia pada umumnya. Isi konten dalam Vtube ini tak jauh berbeda dengan konten Youtube biasa. Mayoritas kontennya diisi dengan cover lagu atau streaming bermain game online. Mari simak pembahasan selengkapnya mengenai Vtube terbaru berikut ini.

Mulai Dikenal di Jepang

Virtual Youtuber sendiri sudah mulai dikenal pada November 2017 di Jepang. Maskot paling terkenal dari dunia Vtuber adalah Kizuna AI. Penikmat konten Youtube biasanya tidak asing dengan nama tersebut. Perkembangan yang semakin pesat membuat para inovator mulai mengambil langkah serius untuk mengembangkan bidang profesi ini.

Pada akhir tahun 2019 sebuah korporasi bernama COVER mendirikan Agensi Vtuber yang disebut Hololive. Sasaran yang jitu membuat Agensi Hololive mengepakkan sayapnya ke negara tetangga seperti China hingga Indonesia. Ya, Negara kita juga memiliki Vtuber lokal juga loh.

Audisi Pengisi Konten

Hololive Production mengadakan audisi bagi calon pengisi konten mereka di Indonesia untuk Generasi Pertama. Vtuber Indonesia bernama Ayunda Risu melangsungkan debut perdananya pada bulan April 2020 melalui streaming Youtube. Masih pada bulan yang sama, Hololive kembali meresmikan dua pengisi konten baru, yaitu Moona Hoshinova dan Airani Iofifteen secara bersamaan.

Cara Berinteraksi dengan Penonton

Bagaimana cara mereka berinteraksi dengan penonton? Bahasa Inggis sebagai komunikasi global tentunya lebih diutamakan. Namun demikian tetap tak meninggalkan aksen penggunaan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu para pengisi dari Indonesia. Karena Hololive berasal dari Negeri Sakura, kemampuan berbahasa Jepang bagi para Vtuber-nya juga diperlukan.

Selain Hololive, ada pula Agensi Nijisanji yang pada tahun 2020 ini sudah memiliki banyak pengisi konten spesialis Vtuber hingga lebih dari 100 anggota aktif. Anggota-anggota dari agensi tersebut diantaranya dari Nijisanji Jepang, Nijisanji Indonesia yang sudah memiliki 4 generasi, Nijisanji Korea, Nijisanji India ( sekarang menjadi Nijisanji English ), dan Nijisanji China.

Agensi Vtube dari Indonesia

Adapula agensi Vtuber asli dari Indonesia yaitu Maha5 / Mahapanca. Mereka menggunakan intensitas Bahasa Indonesia yang lebih sering dibandingkan dengan dua agensi internasional yang disebutkan sebelumnya. Karena memang agensi ini merupakan produk lokal yang berbasis di Indonesia. Artis Vtuber Mahapanca antara lain Andi Adinata, Alia Adelia, NANARIKA, Lumi Celestia, Zen Gunawan dan Nia Redalion.

Menjelajah dunia baru di Internet tak akan ada habisnya, terlalu banyak sisi yang belum kita temukan di semesta tanpa batas ini. Kemampuan mengembangkan peluang serta kreatifitas sangat mungkin menciptakan hal-hal baru yang tak terduga. Jika dapat mengelola kreatifitas, sumber penghasilan dapat diperoleh dari manapun.

Semoga informasi singkat mengenai dunia Vtuber di atas dapat memberikan penyegaran baru di masa pandemi yang sulit ini. Tetap Jaga Kesehatan!