Ini Dia 7 Tips Mengecilkan Perut Paling Ampuh

Ini Dia 7 Tips Mengecilkan Perut Paling Ampuh

Salah satu masalah kesehatan yang dikeluhkan banyak orang adalah perut buncit. Bahkan, ada beberapa laki-laki yang perutnya terlihat membesar mengalahkan wanita yang tengah hamil tua. Perut buncit ini tidak hanya merusak penampilan saja, bahkan ini menandakan adanya bahaya kesehatan yang lebih serius. Penumpukan lemak di tengah tubuh atau dibagian perut ini merupakan jenis lemak yang berbahaya. Sel lemak ini akan membalut organ-organ didalam perut dan mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Untuk itu, kita perlu tahu 7 tips mengecilkan perut paling ampuh di bawah ini.

1. Serat

Serat tidak hanya baik untuk membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, bahkan serat juga bisa mengikat lemak. Inilah mengapa sangat disarankan bagi yang merasa perutnya sudah semakin membuncit untuk konsumsi sayur dan buah. Tapi, tidak sembarangan sayur dan buah ya. Pilihlah yang mengandung banyak serat. Bahkan, untuk sayur sendiri diperbolehkan dikonsumsi secara mentah. Alias, menjadikannya lalapan.

2. Kurangi Konsumsi Gula

Salah satu penyebab berat badan berlebih adalah konsumsi gula secara berlebihan. Gula ini visa berasal dari makanan dan minuman maupun jenis olahan dengan pemanis tambahan. Selalu ingat bahwa tambahan gula beberapa sendok saja bisa menyebabkan tumpukan lemak berlebih di tubuh yang akan menambah masalah kesehatan. Tidak hanya masalah kesehatan saja. Tapi juga menyebabkan jerawat dan mudahnya kulit menjadi kusam serta berkerut.

3. Cukupi Kebutuhan Tidur

Jika banyak yang menyepelekan waktu tidur atau saat beristirahat. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan jika sedang berusaha menurunkan berat badan atau mengempeskan perut buncit. Kenapa? Sebab, kurangnya waktu tidur bisa berdampak terhadap nafsu makan yang meningkat. Bahkan tidak hanya itu, jika kita kurang tidur maka hormon kortisol juga akan turun. Hormon ini memiliki fungsi sebagai pembakar lemak dan memicu metabolisme tubuh. Untuk itu, setidaknya tidurlah minimal 6 jam di malam hari.

4. Air Hangat dan Kebutuhan Cairan

Pernah mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air hangat ketika bangun tidur? Hal ini akan memicu fungsi metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan dengan lancar maka tidak mustahil untuk mengecilkan perut buncit tersebut. Nah, tidak hanya anjuran pas bangun tidur ini saja. Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh. Caranya? Mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Kebutuhan air ini tentunya bervariasi. Tergantung dari cairan yang sudah masuk serta intensitas kerja yang dilakukan.

5. Sarapan

Jangan lupa untuk selalu menambah energi untuk digunakan oleh tubuh di pagi hari dengan sarapan. Jika ada anggapan melewatkan sarapan akan bagus dan baik untuk mengecilkan ukuran perut. Maka hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Jika tidak ada sarapan maka metabolisme akan melambat. Hal ini akan berujung kepada penumpukan lemak dan tidak bertenaga sehingga mudah mengantuk. Tapi, pilihlah jenis sarapan yang tepat, ya. Jangan terlalu banyak gula atau karbohidrat sederhana.

6. Patuhi Aturan Mengunyah

Jangan sampai kita makan secara terburu-buru. Terapkan aturan untuk selalu mengunyah secara perlahan. Sudah tahu tentang teknik mengunyah hingga 31 kali bukan? Nah, ini dilakukan agar otak kita menangkap sinyal kenyang sebelum kita kekenyangan. Dan juga, menghindari masalah terjadinya perut kembung.

7. Minuman Ajaib Untuk Tips Mengecilkan Perut

Memang tidak ada yang terjadi secara cepat. Namun beberapa minuman dibawah ini bisa membantu dalam keberhasilan tips mengecilkan perut, yaitu: 

  • Teh hijau
  • Teh dengan perasan jeruk nipis
  • Air hangat, perasan lemon dan madu

Coba rutin diminum, pasti ukuran perut perlahan akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *