Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Penjelasan Teks Eksposisi Tentang Kesehatan, Lengkap!

Sebelum membahas Teks eksposisi tentang kesehatan, kita akan mempelajari dulu mengenai pengertian Teks Eksposisi.

Teks Eksposisi adalah bentuk teks paling sederhana yang terdiri dari pendapat dan diperkuat dengan bukti-buktinya. Teks ini bisa dibuat dalam berbagai macam tema seperti pendidikan, lingkungan alam, dan kesehatan. Kali ini kita akan membahas Teks eksposisi tentang kesehatan, ikuti pembahasan berikut.

Definisi

Teks Eksposisi memuat informasi yang ditulis menggunakan bahasa yang jelas, baku dan lugas. Biasanya teks ini termasuk dalam kategori non fiksi.

Tujuan penggunaan Teks Eksposisi tentang kesehatan adalah untuk menjelaskan hal atau objek yang diamati secara runtut dan terperinci dari sudut pandang penulis. Teks ini sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari terutama ketika membaca berita sains.

Struktur

Teks eksposisi kesehatan dibuat menggunakan struktur yang memiliki fungsi masing-masing. Struktur-strukturnya adalah:

  1. Tesis

Tesis adalah bagian pembuka dalam teks ini. Biasanya tesis berisi pendapat penulisnya mengenai hal atau objek yag akan dibahas. Tak hanya itu, tesis juga berguna untuk menyampaikan teori yang akan digunakan penulis untuk membuat argumentasi.

  1. Argumentasi

Bagian selanjutnya dalam Teks Eksposisi tentang kesehatan adalah argumentasi. Elemen ini berisi mengenai bukti-bukti berupa hasil penelitian, pendapat umum dari sumber terpercaya dan dari para ahli. Argumentasi berfungsi untuk menguatkan pendapat yang sebelumnya sudah disampaikan oleh penulis.

  1. Penjelasan ulang atau reiteration

Struktur Teks Eksposisi ini berisi kesimpulan untuk menegaskan kembali tesis yang sudah dibuktikan. Penjelasan ulang juga akan membuat pembaca lebih paham dengan menggabungkan informasi yang ada pada tesis dan argumentasi.

Contoh

Agar lebih mudah untuk memahami apa itu Teks Eksposisi tentang kesehatan, berikut ini  saya berikan contohnya :

Judul : Kebiasan Baru Masa Pandemi

Tesis

Adaptasi kebiasaan baru atau new normal gencar disosialisasikan oleh pemerintah guna mengekang laju penyebaran Virus Covid-19. Protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak antar orang diharapkan bisa dilakukan. Hal ini dinilai dapat mengurangi penyebaran virus dari manusia ke manusia.

Selain itu pemerintah juga memberlakukan PSBB agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Warga tidak diperbolehkan membentuk kerumunan. Kebersihan fasilitas umum juga dijaga agar perkembangbiakan Virus Covid-19 bisa dikurangi.

Argumentasi

Dalam studi yang dipublikasikan oleh Jurnal Lacent dikatakan bahwa jaga jarak minimal 1m adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Bukan hanya itu, masker juga merupakan benda yang penting digunakan saat masa new normal. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa Covid-19 tersebar melalui tetesan air (droplet). Dikatakan ketika orang batuk atau bersin tetesan itu bisa masuk ke mata, hidung atau mulut  baik secara langsung atau lewat permukaan yang terkontaminasi

Tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak terkena permukaan benda. Mencuci tangan juga disebut efektif karena sabun memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang terdapat dalam bakteri dan virus.

Penegasan ulang

Tentu kita berharap pandemi ini segera berakhir. Maka dari itu ada baiknya kita menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Mulai dari mengurangi aktifitas di luar rumah, jaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Tak hanya untuk melindungi diri sendiri tapi juga untuk orang di sekitar kita.

Teks Eksposisi biasa kita temui di berbagai platform berita. Bahkan di beberapa social media juga sering ditulis Teks Eksposisi dengan bermacam tema. Kebanyakan teks kesehatan berisikan penelitian dari berbagai sumber baik dalam negeri maupun luar negeri.

sekian penjelasan Teks Eksposisi tentang kesehatan, semoga informasi ini mudah dimengerti dan berguna untuk Anda.