Syarat dan Cara Mencairkan Dana Prakerja dengan Mudah

Syarat dan Cara Mencairkan Dana Prakerja dengan Mudah

Kita mengetahui banyak kendala yang terjadi akibat pandemi yang tidak kunjung berakhir di tanah air. Beragam masalah seperti PHK secara besar-besaran, banyak masyarakat yang tidak lagi bekerja hingga berujung kepada tingginya kejahatan. Dengan ini, pemerintah kembali menegakkan perekonomian negara. Cara yang dilakukan adalah memberikan dana cuma-cuma untuk membeli program pelatihan online. Kegunaanya? Tentu hal ini akan menambah wawasan kita, dimana kita bisa mengetahui dan mempelajari beberapa pelatihan untuk menambah kemampuan. Selain itu kita akan diberikan sertifikat ketika audah menyelesaikan pelatihan salah satu tanda bahwa kita menguasai ilmu tersebut. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu pegangan positif agar bisa bersaing di dunia kerja. Selain itu, ternyata pemerintah juga menyiapkan dana insentif yang bisa digunakan untuk konsuntif. Namun, bagaimana cara mencairkan dana prakerja tersebut? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Syarat Agar Bisa Mencairkan Insentif Prakerja

Ketika kita hendak menerima dana insentif yang juga disediakan oleh pemerintah sebanyak 4 kali yang diterima sekali dalam sebulan sebanyak Rp. 600.000. Maka, kita terlebih dahulu harus tahu beberapa syarat di bawah ini, yaitu:

  • Harus terdaftar sebagai salah satu penerima dana prakerja atau terdaftar sebagai salah satu peserta di gelombang prakerja yang sedang berlangsung.
  • Harus menghubungkan rekening terlebih dahulu agar bisa mendapatkan dana pagu agar bisa mengambil salah satu pelatihan online yang diselanggarankan oleh partner kartu prakerja.
  • Sudah selesai mengikuti salah satu pelatihan online dan mendapatkan sertifikat. Hal ini ditandai dengan progress kelas menjadi 100%. Berarti kita sudah mengikuti kelas online, berhasil mengerjakan evaluasi akhir, sudah mengikuti tanya jawab online (webinar) dan sudah memberikan rating serta ulasan.
  • Sertifikat pelatihan sudah ditampilkan atau sudah muncul di dashboard akun prakerja. Perlu diketahui kemunculan sertifikat ini akan terjadi secara random. Akan ada yang lebih dahulu muncul walaupun mungkin sama-sama menyelesaikan tugas di atas. Sebab, ada banyak sekali peserta pelatihan prakerja yang dimasukkan datanya setiap hari. Paling tidak, tunggu hingga 7 x 24 jam setelah menyelesaikan syarat di atas.

Cara Mencairkan Dana Prakerja

Untuk pencairan dana prakerja sendiri bisa dilakukan ketika semua syarat di atas sudah terpenuhi. Rincian caranya adalah:

  • Memastikan rekening berisikan informasi yang sama dengan informasi di prakerja. Jadi, jika kita langsung menghubungkan ke rekening bank yakni bank BNI maka harus milik kita sendiri. Jika tidak memiliki rekening BNI bisa menggunakan salah satu e-wallet yakni link aja, OVO maupun GoPay.
  • Selain informasi kontak, pastikan juga rekening atau akun e-wallet yang terhubung di akun prakerja masih dalam keadaan aktif. Aktif di sini menandakan masih ada aktifitas yang berlangsung selama 3 bulan terakhir. Jika sudah tidak aktif maka tolong dourus kembali agar masih berstatus aktif. Atau, kita bisa mengisikan saldo rekening atau e-wallet agar tidak bermasalah.
  • Pastikan akun e-wallet (jika tidak menggunakan rekening bank BNI) sudah dalam status full service. Atau sudah diupgrade. Jika tidak maka pencairan dana prakerja akan terkendala atau bahkan berstatus gagal.

Nah demikianlah syarat dan cara mencairkan dana prakerja. Jika selama waktu yang ditampikan di dashboard akun prakerja dana belum juga cair, maka diharuskan menunggu selama 7 x 24 jam. Namun, batas waktu ini tidak termasuk hari sabtu dan minggu, ya! Jadi harap bersabar. Jika masih belum kunjung cair, mohon ajukan permasalahan tersebut kepada CS prakerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *