Simak Tata Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja dengan Mudah

Simak Tata Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja dengan Mudah

Program kartu prakerja yang dijalankan oleh pemerintah sudah mencapai gelombang ke 9 saat ini. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan agar bisa memberikan bantuan ilmu dan pengalaman untuk terjun di dunia kerja oleh pemerintah. Namun, bagi rekan-rekan yang baru bergabung tentunya masih sangat awam dalam mengikuti proses tahapan demi tahapan di program ini, kan? Apalagi setelah menghubungkan akun bank BNI atau e-wallet yakni OVO, GoPay dan Link Aja, sudah bisa digunakan dana pagu untuk membeli sebuah pelatihan online. Masalahnya, apakah sudah paham semua tentang bagaimana cara membeli sebuah pelatihan? Nah, jika belum, yuk simak tata cara mengikuti pelatihan prakerja di bawah ini.

Memilih Pelatihan Yang Tepat

Sebelum membeli sebuah pelatihan, kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwasanya kita tidak bisa membeli beberapa pelatihan sekaligus. Intinya, kita hanya bisa mengambil satu pelatihan dan menyel saikannya sehingga kita bisa menggunakan sisa dana pagu untuk membeli pelatihan lainnya. Karena tidak bisa membeli banyak pelatihan dalam waktu bersamaan, diharapkan untuk selalu waspada dan memilih jenis pelatihan dengan baik. Cara memilih pelatihan yang tepat adalah :

  • Pertama, pastikan akun prakerja sudah terhubung ke rekening bank BNI atau e-wallet yang premium agar nilai atau saldo pagu bisa digunakan. Jangan lupa jika dalam 30 hari tidak dilakukan maka akun prakerja akan dinonaktifkan.
  • Lihat di tampilan dashboard akun prakerja, ada beberapa lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan prakerja dalam menyediakan program pelatihan online. Pilih salah satu platform, seperti tokopedia, bukalapak atau pijar.
  • Setelah memilih salah satu platform, klik bagian bawah nama platform tersebut dan akan diarahkan ke halaman pelatihan yang tersedia untuk dibeli di sana.
  • Lihatlah satu persatu jenis pelatihan yang diinginkan. Jika di dalam satu platform tidak tersedia pelatihan yang anda inginkan maka cobalah membuka platform lainnya. Carilah yang sesuai dengan minat atau yang membuat anda merasa tertantang. Sebab, nantinya anda akan belajar dan melakukan evaluasi.
  • Setelah menemukan pelatihan yang cocok maka login ke dalam platform tersebut jika sebelumnya sudah memiliki akun. Jika tidak maka lakukan pendaftaran. Lakukan pembelian dengan dana pagu prakerja. Kemudian akan mendapatkan voucher kelas online.

Tata Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Setelah membeli salah satu pelatihan, maka berikut tata cara mengikuti kelas onlinenya:

  • Kunjungi situs yang tertera pada deskripsi kelas yang dibeli atau lihat di rincian pembelian di platform yang sudah kita pilih.
  • Buatlah akun di situs tersebut atau lakukan register sesuai dengan langkah-langkah setiap website pelatihan yang tertera. Setelah itu, masukkan kode voucher yang kita dapatkan dari platform saat membeli kelas tersebut. Setelah berhasil input voucher maka kita sudah terdaftar untuk mengikuti pelatihan online.
  • Lihat terlebih dahulu jadwal pelatihan yang tersedia atau ada juga ada kelas yang langsung bisa diakses. Login ke akun pelatihan online dan ikuti langkah-langkah demi langkah pelatihan yang ditetapkan.

Beberapa pelatihan akan mengharuskan peserta mengikuti live di medsos seperti instagram atau menonton video secara online. Setelah kelas usai akan dilanjutkan dengan evaluasi. Jika anda mencapai nilai kelulusan minimal maka akan diberikan sertifikat tanda pernah mengikuti pelatihan. Jika belum lulus maka ulangi evaluasi atau belajar kembali hingga score mencapai tingkat minimum kelulusan. Jangan lewatkan sesi tanya jawab webinar, ya! Nah demikian tata cara mengikuti pelatihan prakerja. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *