Sebuah Melodi Dirangkai Untuk Menghasilkan?

Sebuah Melodi Dirangkai Untuk Menghasilkan?

Melodi, adalah sebuah unsur yang ada dalam rangkaian yang menghasilkan sebuah musik. Untuk kamu yang pemula dan baru akan belajar lebih dalam tentang dunia seni music, maka aspek terpenting adalah kamu harus tahu dan mengerti pengertian dari berbagai macam unsur yang membentuk sebuah music.

Ada beberapa unsur penting dalam membangun sebuah music. Ketiga unsur tersebut adalah melodi, irama, dan harmoni. 3 hal tersebut merupakan dasar yang bisa membangun sebuah nada music. Jika salah satu saja tidak ada, maka tidak akan tercipta sebuah music. Untuk mengetahui fungsi dari rangkaian melodi, ada baiknya kamu perhatian beberapa penjelasan penting di bawah ini.

Unsur dan Pengertian Pembangun Sebuah Musik

  • Melodi

Melodi merupakan susunan rangkaian dari 3 nada atau lebih. Nada-nada tersebut akan terdengar berurutan secara logis, memiliki sebuah irama, dan dapat mengungkapkan sebuah gagasan baru.

  • Irama

Ritme atau sebuah irama merupakan ukuran tempo atau waktu yang dapat menentukan suatu ketukan di dalam keseluruhan dari music itu sendiri. Rangkaian bunyi dalam waktu yang berbeda akan membentuk sebuah pola irama. Hal inilah yang membuat suatu irama bisa terbentuk. 

  • Harmoni

Yang terakhir adalah harmoni. Harmoni adalah suatu perpaduan yang bersifat teratur antara sebuah melodi dengan nada dan gterjadi secara terus-menerus sehingga menghasilkan sebuah keindahan dalam komposisi music.

Pada artikel ini, saya akan fokus membahas tentang fungsi melodi. Tepatnya rangkaian melodi yang akan menghasilkan sesuatu yang baru. Sebelum masuk ke ranah fungsi, terlebih dahulu kamu harus mengetahui apa saja unsur pembentuk sebuah melodi itu. Berikut penjelasannya. 

  • Bunyi

Bunyi menempati posisi teratas dalam unsur penting pembentuk sebuah melodi. Bunyi sendiri mempunyai pengertian yaitu, sesuatu hal yang dihasilkan dari sebuah getaran. Getaran tersebut akan merambat ke udara dan mulai masuk ke telinga serta akhirnya dapat kita dengar. Bunyi dalam sebuah music adalah sebuah nada atau ketukan. Jadi bukan sembarang bunyi, lho ya!

  • Notasi Melodi

Setelah nada atau bunyi didapatkan, unsur pembentuk melodi selanjutnya adalah notasi melodi. Notasi melodi adalah lambing yang mengisyaratkan atau menunjukkan tinggi rendahnya sebuah nada. Selain itu, notasi melodi dapat ditulis ke dalam berbagai bentuk. Antara lain, bentuk solmisasi, atau notasi John Curwen, notasi huruf, notasi angka, dan terakhir notasi balok. 

  • Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah sebuah sistem tangga nada yang di masing-masingnya memiliki jarak satu atau setengah. Tangga nada ini terdiri dari 2 sub tangga nada yaitu tangga nada mayor dan juga tangga nada minor. Perlu diingat, tangga nada disusun dari bisa saja disusun dari nada rendah ke nada tinggi. Atau sebaliknya.

  • Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatis adalah tangga nada yang menggunakan simbol seperti pagar untuk menentukan jarak antar sebuah not yang naik setengah. Tangga nada ini juga disebut sebagai tangga nada twelve tone scale.

  • Interval

Unsur terakhir adalah interval. Interval merupakan jarak antara nada yang satu dengan nada yang lainnya.

Melodi Dirangkai Untuk Menghasilkan Apa?

Secara umum, dilihat dari uraian di atas saja kita pasti akan tahu bahwa sebuah melodi dirangkai untuk menghasilkan sebuah music. Apabila melodi berdiri sendiri maka tidak akan tercipta sebuah music. 

Itu dia informasi mengenai fungsi melodi yang perlu kamu ketahui, semoga artikel kali ini bisa menambah wawasanmu terhadap dunia music.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA