Cara Membuat Poster Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Cara Membuat Poster Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Mungkin, banyak kita temukan pajangan poster menjaga kesehatan organ pernapasan di klinik atau rumah sakit. Kenapa? Karena organ pernapasan merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk dipelihara kesehatannya. Bayangkan saja jika kita tidak memiliki kesehatan pernafasan yang baik. Misalnya saja selalu merasa sesak nafas akibat asma. Atau, mungkin mengalami gejala alergi berupa nafas yang pendek-pendek. Tentu akan sangat menyiksa dan mengganggu, bukan? Nah, inilah mengapa akan ada banyak kumpulan poster yang menunjukan tujuan serta tata cara yang tepat jika hendak menjaga kesehatan organ pernapasan kita tersebut. Namun, bagaimana cara membuatnya? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas banyak tentang bagaimana cara pembuatan poster kesehatan organ pernapasan tersebut.

Tentukan Bahan Pembuatan Poster Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Jika diperhatikan, ada banyak sekali kumpulan poster dengan bahan pembuatan yang berbeda-beda bukan? Nah, kali ini kita juga akan menentukan bahan pembuatan poster yang tepat. Karena kita akan membuatnya sendiri maka ada beberapa alternatif pilihan. Yakni membuatnya secara manual atau bantuan mesin atau memesannya kepada sang ahli pembuat poster. Bahan-bahan yang bisa dipilih misalkan kertas karton biasa. Atau di kertas yang lebih tahan terhadap air dan cuaca. Apapun pilihan bahan pembuatannya pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jangan lupa untuk mencari tahu hal tersebut terlebih dahulu. Sebab, jika tidak dikhawatirkan terjadi penyesalan akibat salah perhitungan tersebut.

Tentukan Gambaran Poster

Walaupun ingin mengambil gambar di internet atau menggambarnya secara manual. Tetap saja kita harus menelusuri terlebih dahulu gambaran yang akan kita cantumkan di poster tersebut. Karena tema nya adalah menjaga organ pernapasan maka carilah gambaran yang menunjukkan sebab akibat. Misalnya larangan merokok, kenapa? Pasti ada alasan mengapa merokok dilarang, bukan? Nah salah satu alasannya adalah merusak kinerja paru-paru. Jelaskan dampak dan alur yang diceritakan melalui gambar tersebut. Setidaknya, berikut tata cara mengambil gambar untuk poster menjaga kesehatan organ pernapasan, yaitu :

  • Tentukan tema yang akan kita angkat. Apakah pencegahan terhadap penyakit tertentu, bahaya kebiasaan buruk atau cara mengatasi penyakit pernafasan.
  • Setelah tema dari poster kesehatan tersebut ditentukan, maka carilah gambaran cerita yang sesuai melalui internet. Jika ingin langsung mengambil dari internet, pastikan gambar yang digunakan cukup jelas. Tidak disarankan menggunakan gambar yang sudah diberi logo. Sebab ini menyangkut masalah hal milik. Nah, jika gambarnya kurang maka bisa menggabungkan dengan gambar lain untuk merangkum tema dan maksud dari poster tersebut.
  • Jika ingin menggambar sendiri, maka bisa menggunakan acuan gambar dari internet atau mungkin menggambar ulang dengan tema pilihan. Pastikan gambar yang digunakan sudah bisa dipahami dengan jelas. Jika perlu buatlah kata-kata atau naskah pendukung agar temanya tersampaikan.

Cetak dan Penempatan

Langkah terakhir dari cara membuat poster menjaga kesehatan organ pernapasan ini hanyalah masalah percetakan dan penempatan. Carilah jasa percetakan yang bagus. Dengan hasil gambar jelas dan warna tidak buram. Selanjutnya, carilah tempat yang cocok untuk meletakkan poster tersebut. Misalnya saja di klinik, di tempat-tempat umum seperti halte, pusat perbelanjaan maupun disekolah. Tujuannya? Agar banyak orang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan organ pernapasan tersebut. Dan juga sadar bahwa sebagian masalah tidak hanya merugikan dirinya sendiri tapi juga orang laim disekitarnya. Setidaknya setiap kali melihat poster tersebut orang-orang akan kembali mengingat dan berusaha menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *