Ini Dia 5 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Ini Dia 5 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Bagi kamu yang suka membuka media sosial pasti sudah tidak asing dengan nama saffron ini, bukan? Saking banyaknya iklan dan penawaran tentang saffron, kita bisa menemukannya di mana-mana. Misalnya saja iklan atau endorse yang dipopulerkan oleh para selebriti hingga selebgram. Walaupun tidak semua yang mendengar nama tanaman ini mengetahui bentuk serta manfaatnya. Namun, pasti namanya sudah tidak asing lagi ditelinga. Nah, sebenarnya apa saja manfaat saffron untuk kesehatan tubuh? Kenapa sangat gencar dipromosikan? Apakah seajaib dan seampuh kata-kata promosinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengenalan dan Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Mungkin sebelum membahas tentang manfaat saffron untuk kesehatan, lebih baik kita membahas apa itu saffron? Nama ini adalah nama untuk jenis rempah-rempah yang terbuat dari bunga. Jika kita mencoba menghirup aromanya, maka yang tercium hanyalah seperti aroma rumput kering. Sedangkan untuk rasanya sendiri tidaklah manis melainkan pahit. Namun, kenapa rempah ini tergolong populer dan sering dicari di penjuru dunia? Bahkan, harganya tidak murah loh. Untuk itulah kita harus belajar mengetahui apa saja manfaat saffron berikut ini :

1. Mengatasi Depresi

Depresi kerap menjadi salah satu penyakit mental yang menyerang banyak orang. Bahkan usia muda juga bisa terserang masalah ini. Bahkan, jika dibiarkan depresi ini akan berbahaya baik bagi penderita maupun orang lain. Nah, jika rutin mengkonsumsi saffron maka efeknya bisa setara dengan pengobatan lokal untuk depresi. Misalnya saja efek obat dari imipramine maupun fluoxetine.  Rempah ajaib satu ini bisa mengatasi masalah depresi ringan hingga depresi sedang. Ajaib, bukan?

2. Antioksidan

Senyawa tanaman yang ada di dalam rempah ajaib ini dikenal memiliki sifat antioksidan, anti radang, anti depresan hingga anti kanker. Kandungan antioksidan yang lumayan banyak di rempah ini dipercaya mampu menjaga sel-sel tubuh dari masalah kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, orang-orang mulai rutin mengkonsumsinya akibat anti kanker yang digadang-gadang mampu mengatasi pertumbuhan sel ganas di dalam tubuh.

3. Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai Obat Diet

Siapa sangka rempah mahal ajaib satu ini juga mampu memaksimalkan program diet penurunan berat badan? Jika rutin mengkonsumsi saffron maka nafsu makan akan berkurang. Tentunya hal ini berhubungan dan sejalan dengan penurunan berat badan.  Jadi, tidak aneh jika banyak yang menggunakan rempah ini sebagai obat alami untuk diet mereka.

4. Mengatasi Gejala PMS

PMS atau premenstrual syndrome. Yakni sekumpulan gejala menyertai datangnya menstruasi bagi para wanita. Biasanya gejala ini disertai dengan mood swing, sakit kepala hingga perut yang nyeri dan kram. Sekumpulan gejala PMS tentunya tidak menyenangkan dan membuat banyak orang mencari alternatif pengobatan. Nah, daripada mengkonsumsi obat-obat berbahaya, lebih baik menggunakan rempah ini.

5. Mengatasi Penurunan Penglihatan

Penyakit penurunan penglihatan yang berhubungan dengan usia tua atau dikenal AMD dalam istilah medis ini ternyata bisa dicegah. Salah satu caranya adalah rutin menggunakan saffron di keseharian kita. Karena memiliki kandungan antioksidan maka saffron bisa menjadi pelindung bagi kerusakan sel-sel mata. Dan, tentu saja bertindak sebagai obat alami yang mampu meningkatkan kembali ketajaman indera penglihatan.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui beberapa manfaat saffron untuk kesehatan tubuh di atas pastinya sebagian dari kita mulai tertarik mencoba dan mendapatkan khasiatnya, kan? Caranya mudah kok. Tinggal meminum air campuran saffron secara rutin setiap hari maka tubuh akan merasakan manfaatnya. Bagaimana? Mudah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *