Ini Dia 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Ini Dia 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Selama ini mungkin orang-orang hanya mengenal ketumbar sebagai salah satu rempah-rempah dapur yang wajib untuk penyedap makanan saja, bukan? Padahal, jika meneliti lebih lanjut ada banyak manfaat ketumbar untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan. Sangat menarik bukan? Dimana penggunaan ketumbar memang termasuk penting agar rasa masakan menjadi lebih nikmat. Ternyata dibalik hal tersebut kita juga bisa mendapatkan segudang manfaatnya. Namun, apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Menurunkan Gula Darah

Kadar gula di dalam darah bisa melonjak tinggi dan menyebabkan segudang masalah kesehatan hanya karena pola makan yang salah atau bahkan akibat penyakit. Sayangnya, selain kelola stress, mengubah pola makan, mengkonsumsi obat-obatan merupakan pilihan paling sering bagi kebanyakan orang. Padahal, masalah ini bisa diatasi dengan ketumbar. Bagaimana caranya? Mengkonsumsi langsung biji ketumbar, minyaknya atau ekstraknya. Enzim yang berperan langsung menurunkan kadar gula darah bisa dipicu ketika kita mengkonsumsi ketumbar.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Sering lupa? Penyakit ini tidak hanya menyerang orang-orang yang lanjut usia saja. Bahkan sedari remaja bisa saja terkena imbas masalah sering lupa tersebut. Masalah ini berhubungan dengan kesehatan dan fungsi otak kita. Nah, jika mengkonsumsi ketumbar secara rutin, dipercaya mampu meningkatkan kesehatan serta kinerja otak. Sehingga, otak akan lebih ternutrisi. Dampaknya? Tentu saja peningkatan kinerja yang salah satunya berujung kepada peningkatan daya ingat.

3. Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Mencegah Kanker

Sampai saat ini, kanker merupakan salah satu silent killer alias pembunuh yang menyerang secara diam-diam. Tidak sedikit pertumbuhan sel ganas atau yang lebih dikenal dengan sel kanker ini awalnya tidak menunjukkan gejala apapun. Tidak sedikit juga penyebabnya yang biasa kita temukan saat ini. Untuk itu diperlukan gaya hidup sehat serta berbagai metode pencegahan. Salah satunya bisa kita dapatkan dengan ketumbar. Penelitian menemukan ekstrak ramuan ketumbar mampu mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Metode ini sangat efektif terutama pencegahan terhadap kanker payudara dan prostat. 

4. Mengatasi Masalah Peradangan

Fungsi selanjutnya ini juga berhubungan dengan adanya peradangan di dalam tubuh. Kenapa demikian? Karena ketumbar memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini yang nantinya menghambat serta mengatasi masalah peradangan di dalam tubuh. Bahkan, secara lebih lanjut kelebihan yang satu ini juga yang menyebabkan ketumbar menjadi antikanker. Karena nantinya akan mencegah terjadinya sel radang yang bersifat destruktif pada sel normal didalam tubuh kita.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pernah merasakan perut kram atau kembung? Bahkan, sebagian orang gejala-gejala pencernaan diatas adalah hal yang sering mereka keluhkan. Hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan kinerja usus dan mikrobakteri yang ada di sana. Daripada harus ketergantungan dengan penggunaan obat-obatan, lebih baik memanfaatkan ketumbar. Sebab, jika kita rajin minum air rebusan ketumbar, maka masalah pencernaan akan teratasi. Setidaknya konsumsi 3 kali sehari.

6. Menunda Kerusakan Kulit

Kulit merupakan aset berharga bagi kita, bukan? Sayangnya paparan sinar matahari dan hal berbahaya lainnya menyebabkan banyak masalah kulit. Namun, kabar baiknya adalah pencegahan yang bisa dilakukan oleh rempah ini. Diyakini ketumbar mampu mengatasi kerusakan sel kulit. 

7. Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat terakhir yang ajaib bagi kesehatan adalah peningkatan sistem imunitas. Jika imun kita kuat dan terjaga dengan baik tentunya tidak akan mudah diserang penyakit, bukan? Nah konsumsi ketumbar menjadi salah satu pilihannya.

Demikianlah manfaat ketumbar untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu lagi mengolah bahan makanan dengan ketumbar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *