Lebih Waspada! Berikut Ini Update Berita Corona Terbaru

Mengingat adanya pandemi, Kita harus selalu update berita corona terbaru dan mengikuti himbauan aparat dan pemerintah. Dengan begitu, penyebaran virus Covid-19 bisa dihindari untuk selanjutnya lebih fokus pada proses penyembuhan pasien yang terkena dampaknya. Pandemi virus corona ini bukan hanya terjadi di negara Kita Indonesia, tetapi juga merupakan pandemi dunia.

Virus yang berasal dari Wuhan ini terus menyebar dan menjadi momok untuk bumi hingga Kita harus berupaya melakukan sosial distancing. Hal itu bisa dilakukan dengan berdiam diri dan melakukan semua aktivitas di rumah. Dengan lebih sedikit bertemu dan kontak fisik dengan orang lain, diharapkan penyebaran virus ini segera berakhir. Berikut Ini Update Berita Corona Terbaru

Hingga kini, penyebaran virus corona di Indonesia kian meluas dan meresahkan.

Program negara yang menghimbau masyarakat untuk di rumah saja harus dilakukan oleh semua warga negara demi tercapainya tujuan bersama. Hal itu meliputi bekerja di rumah, belajar di rumah dan ibadah di rumah. Sekolah telah libur sejak sebulan yang lalu dan para karyawan juga diminta untuk bekerja dari rumah atau tidak ke kantor. Kecuali para pekerja medis, aparat negara, ojek online dan pekerjaan yang dibutuhkan.

Selanjutnya, berikut ini berbagai macam informasi terbaru yang peru Anda perhatikan kaitannya dengan pandemi virus Covid-19, antara lain:

1.    Situasi Terkini Penyebaran Corona Secara Global

Secara global, sudah banyak sekali yang terjangkit virus Covid-19 hingga menelan banyak korban. Berikut ini data virus corona terbaru yang diperoleh dari WHO per tanggal 16 April 2020, antara lain:

  • Terdapat 1.914.916 kasus dan 123.010 di antaranya dinyatakan meninggal atau sekitar 6,4 % angka kematian
  • Di regional Asia Tenggara ada 20.287 kasus dan 936 di antaranya meninggal atau sekitar 4,6 % angka kematian
  • Ada 213 negara yang terjangkit penyebaran virus Covid-19
  • Dampak paling parah di negara Spanyol, Italia, Jerman, Prancis dan USA (Amerika)

2.    Situasi Terkini Penyebaran Corona di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, berikut ini data dan informasi situasi terkini dari situs resmi kementerian kesehatan, antara lain:

  • Ada 34.975 orang yang diperiksa dan 5.516 di antaranya dinyatakan positif dengan 548 sembuh dan 496 meninggal
  • Persentase pasien yang meninggal adalah 9 % angka kematiannya
  • Wilayah yang terkena dampak paling parah di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten dan Sulawesi Selatan

3.    Berlaku PSBB di Indonesia

Sebaya upaya penanganan virus corona terbaru, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). peraturan ini telah terbit sejak tanggal 31 Maret 2020 dan harus segera dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Pergerakan atau aktivitas yang dibatasi paling sedikit meliputi:

  • Sekolah dan tempat kerja libur
  • Pembatasan kegiatan keagamaan
  • Pembatasan kegiatan di tempat/fasilitas umum.

Penetapan PSBB ini pun harus didasarkan pada pertimbangkan tertentu, barulah suatu wilayah bisa dinyatakan memenuhi kualifikasi PSBB. Selain itu, Gubernur/Walikota/Bupati harus melakukan pengajuan permohonan pada Menteri Kesehatan.

4.    Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Berdasarkan informasi virus corona terbaru di atas, berikut ini beberapa poin penting yang harus dilakukan oleh semua orang, antara lain:

  • Meminimalkan kontak dengan belajar, bekerja dan beribadah di rumah
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau minimal gunakan hand sanitizer alkohol 60%
  • Membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh dengan desinfektan
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin menggunakan tisu atau siku dalam
  • Gunakan masker jika keluar rumah atau sedang sakit dan ganti secara berkala
  • Menerapkan pola sehat dengan makan makanan sehat dan berolahraga teratur

Itulah informasi update terkini dari virus Covid-19 yang harus diperhatikan demi tercapainya penanganan tanggap dan cepat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *