Inspirasi Motif dan Gambar Batik Populer di Indonesia

Inspirasi Motif dan Gambar Batik Populer di Indonesia

Batik, merupakan produk khas Indonesia yang sudah dikenal hingga mancanegara. Produk lokal ini diproduksi di berbagai daerah sehingga setiap daerah memiliki motif dan gambar batik yang berbeda – beda. Biasanya, motif batik yang berasal dari suatu daerah menggambarkan salah satu atau ciri khas dari mana produk batik tersebut berasal.

Saat ini, batik sudah bisa dipakai oleh siapa saja, baik dalam pemakaian formal dan informal. Batik terbuat dari bahan lilin malam dan dilukis menggunakan alat canting. Batik memiliki nilai seni yang tinggi sehingga tidak jarang batik bisa dijual dengan harga yang mahal. Beberapa jenis batik yang ada di Indonesia seperti batik tulis, batik printing, batik cap serta kombinasi batik tulis dan cap.

Ragam Motif Serta Gambar Batik di Indonesia yang Terpopuler

1. Batik Megamendung

Motif batik ini berasal dari daerah Cirebon. Batik Megamendung memiliki ciri yang khas. Motifnya berupa bentuk awan besar yang memiliki warna cerah dan terlihat mencolok. Batik megamendung biasanya menggunakan warna yang juga tidak sembarangan seperti hijau tua, ungu, merah tua, dan biru.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Sebagai salah satu daerah yang terkenal sebagai pengrajin dan pusat batik, Pekalongan memiliki berbagai motif dan gambar batik yang elegan serta tidak pasaran. Batik tujuh rupa pekalongan memiliki motif seperti tumbuh – tumbuhan dan hewan. Apabila dipadu padankan dengan kain polos, Batik Pekalongan akan semakin terlihat cantik.

3. Batik Parang Rusak

Batik Parang Rusak termasuk motif yang paling populer di kalangan pecinta batik. Motifnya sangat mudah ditemui dan banyak dipakai oleh masyarakat. Di setiap motifnya, terdapat makna dan arti yang mendalam. Motif tersebut berupa peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Berbagai kerajinan berbahan batik biasanya menggunakan motif batik ini.

4. Gambar Batik Keraton

Pada awalnya, Batik Keraton dibuat oleh para putri dan pengrajin batik di lingkungan Keraton. Ciri dari motif batik ini sangat khas dan kental dengan nuansa elegan, sakral dan memiliki filosofi kehidupan. Sehingga, pada zaman dahulu, batik ini hanya boleh digunakan oleh orang – orang tertentu saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Tasikmalaya juga terkenal dengan kota yang memproduksi batik di Indonesia. Batik Priyangan Tasikmalaya memiliki ciri khas berupa corak dari motifnya yang rapat, berkelas dan rapi. Selain itu, motif rumput dan tumbuh – tumbuhan juga menjadi identitas utama dari batik Priyangan.

6. Gambar Batik Lasem

Lasem merupakan daerah yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan menjadi nama dari batik ini. Ciri motifnya berupa warna merah menyala. Motif dari Batik Lasem yang berwarna merah menyala tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.

7. Batik Bali

Kota yang dikenal dengan seribu pura ini juga memiliki produk batik yang juga populer. Batik Bali terinspirasi dari motif dan gambar batik berupa hewan seperti burung bangau, kura – kura, dan rusa. Batik Bali juga didominasi dengan warna cerah misalnya ungu, kuning dan biru.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Bagi Anda yang menyukai motif sederhana dan simpel, Batik Pring Sedapur adalah pilihannya. Di sisi lain, motif batik ini juga memiliki makna filosofis. Motifnya didominasi gambar – gambar tanaman bambu yang mengandung arti hidup yang tentram dan rukun.

9. Batik Malang

Produk batik yang populer selanjutnya datang dari kota Malang. Ciri khas dari motif Batik Malang adalah memiliki warna yang cerah. Selain itu, motif serta gambar batik nya juga tergolong unik karena terdiri dari kombinasi gambar – gambar candi yang ada di kota Malang.

10. Gambar Batik Betawi

Meskipun tidak terkenal sebagai kota batik, Jakarta juga memiliki produk batik yaitu Batik Betawi. Batik ini biasanya ditampilkan di pameran kebudayaan dan digunakan di acara bergengsi seperti acara Abang None Jakarta. Warna cerah yang mencolok menjadi ciri khas serta berpadu dengan gambar batik yang unik khas Betawi seperti pucuk rebung, nusa kelapa, gamang kromong dan ondel – ondel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× HUBUNGI KAMI ! - Bonus 1 JUTA