Ini Dia Panduan Cara Daftar Online Bantuan UMKM dengan Mudah

Ini Dia Panduan Cara Daftar Online Bantuan UMKM dengan Mudah

Sesuai dengan peraturan terbaru pemerintah pelaku UMKM bisa dengan mudah mendapatkan bantuan dana hingga mencapai Rp. 2.400.000 jika terdaftar dan terdata dengan baik. Jadi, sangat sayang bukan jika kita melewatkan kesempatan terbatas ini, bukan? Karena di setiap daerah terkadang memiliki jadwal pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk itu, lebih cepat kita mengetahui cara daftar online bantuan UMKM ini akan lebih baik.

Syarat Daftar Online Bantuan UMKM

Menurut informasi yang disediakan di akun instagram resmi milik PPKUKM, bahwasanya calon peserta yang ingin mendaftarkan dirinya sudah bisa melalui jalur online. Keputusan ini diberlakukan mengingat calon peserta yang bisa menerima bantuan tidak semuanya berada di dekat tempat pendaftaran. Sehingga, akan membutuhkan waktu lebih lama dan kurang efisien. Sedangkan, jika menggunakan metode online, maka kebutuhan waktu akan lebih singkat dan lebih bisa menjangkau banyak kalangan. Pendaftaran secara online ini sendiri sudah dibuka semenjak tanggal 2 September untuk wilayah DKI Jakarta. Tentu saja pembukaan pendaftaran online bantuan UMKM ini dilaksanakan dalam waktu yang berbeda untuk tiap-tiap wilayah. Jadi, sangat dianjurkan untuk mencari tahu informasi terkini terhadap pendaftaran online tersebut agar tidak ketinggalan. Tidak hanya mengumumkan jadwal saja, Instagram resmi dari PPK UKM juga menyatakan persyaratan agar bisa menerima bantuan, yaitu :

  • Sudah memiliki KTP pribadi dan juga memiliki Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  • Memiliki salah satu usaha yang tergolong kedalam.usaha mikro, sederhana menengah yang sudah dinalankan serta produktif dan juga masih tercatat aktif.
  • Tercatat sebagai salah satu nasabah di salah satu bank lokal namun dengan simpanan total saldo yang ada hanya mencapai Rp. 2.000.000 atau berjumlah di bawahnya.
  • Usaha yang dijalankan bersifat mikro tersebut masih berdomisili di kota tempat pemilik mengambil dana bantuan. Misalnya ikut bantuan UMKM di Jakarta maka alamat usahanya juga berada di Jakarta.

Jika syarat-syarat yang ditetapkan di atas terpenuhi, maka pihak dinas sosial akan menambahkan sang pemilik usaha mikro sebagai salah satu penerima bantuan. Tentu saja, dengan adanya bantuan ini, sebagai pemilik akan lebih mudah mengembangkan usaha. Sebab, dana bantuan ini bisa digunakan untuk menambah modal produksi maupun untuk mengembagkan usaha mikro tersebut.

Tata Cara Daftar Online Bantuan UMKM

Sedangkan untuk tata cara daftar online bantuan UMKM ini sendiri juga sudah dijelaskan secara resmi, yakni dengan langkah:

  • Membuka halaman link yang sudah disediakan untuk para calon peserta agar mendaftar. Bagi peserta di DKI Jakarta, maka link pendaftarannya adalah : bit.ly/Datacalonpenerimabansos.
  • Setelah halaman pendaftaran online terbuka, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengisi semua data yang berada di dalam kolom pendaftaran tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengisi dengan data-data yang benar dan valid.
  • Setelah mengisi data dan merasa sudah benar, maka hanya perlu mengklik tombol kirim agar data pendaftaran calon penerima bantuan sampai pada panitia.

Pastikan untuk mengirimkan data yang benar. Jangan lupa untuk menyegerakan pendaftaran, sebab belum ada kabar pasti tentang penutupan pendaftaran bantuan tersebut. Bukankah lebih cepat, lebih baik? Hanya saja menurut keterangan beberapa pihak terkait, pendaftaran UMKM ini akan diselenggarakan hingga akhir bulan September 2020. Atau, jika kuota pendaftaran sudah terpenuhi semuanya maka akan ditutup pendaftaran per wilayah tersebut. Untuk itu, jangan sampai ketinggalan pendaftaran, ya! Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan dan isi data-data dengan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *