Ini Dia 6 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Ini Dia 6 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Sawo atau Sapodilla yang merupakan salah satu buah tropis dan mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang memiliki warna kulit kecoklatan ini memiliki citra rasa manis. Tidak sedikit warga kita yang menjual dan menggemari buah bertekstur lembek ketika sudah matang ini. Dibalik rasanya yang manis, ternyata buah berwarna kecoklatan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Penasaran, apa-apa saja manfaatnya? Nah, berikut akan kita bahas 6 manfaat buah sawo bagi kesehatan di bawah ini.

1. Mengatasi dan Mencegah Anemia

Anemia, mungkin bukan nama penyakit yang asing bagi kita, bukan? Sebab, siapapun bisa saja terserang penyakit ini. Anemia merupakan masalah dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Kekurangan atau defisit ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, salah satu penyebabnya adalah kekurangan zat besi. Zat besi sendiri bisa kita dapatkan dari suplemen kesehatan tertentu. Hanya saja, kita juga bisa mendapatkannya secara alami. Jika ingin mendapatkan zat besi secara alami tentu harus mengkonsumsi tumbuhan maupun buah-buahan yang mengandung zat besi. Nah, salah satunya adalah buah sawo. Dilansir dari halaman kesehatan, buah sawo ternyata kaya akan kandungan zat besi. Sehingga bisa membantu tubuh kembali memproduksi jumlah sel darah merah yang adekuat.

2. Kesehatan Mata

Pernah mendengar istilah vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata? Hal ini benar adanya. Kandungan vitamin A yang dimiliki buah sawo juga baik dalam memelihara dan menjauhkan mata kita dari berbagai penyakit mata. Ada banyak masalah penyakit mata yang mengganggu, bukan? Jika kita mengkonsumsi buah ini secara rutin. Misalnya saja gangguan penglihatan akibat faktor usia, maka bisa dicegah. Dari berkurangnya penglihatan hingga degenerasi makula.

3. Merawat Kulit

Kesehatan kulit yang terjaga adalah impian semua orang. Siapa sangka, salah satu perawatan kulit yang memadai bisa terwujud hanya dengan konsumsi buah sawo? Sebab, buah sawo kaya akan vitamin C serta antioksidan. Sehingga menjaga kelembaban, kesehatan dan tidak membuat kulit kusam. Sedangkan antioksidan sendiri bisa menangkal terjadinya radang, iritasi dan beragam masalah kulit akibat polusi serta cuaca ekstrim. Uniknya lagi, senyawa polifenol jg ada di dalam buah sawo. Senyawa ini bisa mencegah terjadinya keriput.

4. Kekebalan

Kandungan sukrosa dan fruktosa yang menghasilkan rasa manis di buah sawo bisa menjadi cadangan energi. Sehingga, tubuh akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. Ditambah lagi dengan senyawa anti inflamasi yang baik untuk kekebalan tubuh. Kandungan berbagai vitamin, seperti C, A dan B mencukupi kebutuhan harian tubuh.

5. Pencernaan

Kebanyakan dari kita pasti pernah merasakan masalah pencernaan, bukan? Misalnya diare dan sembelit. Hal ini terjadi akibat pola hidup yang salah. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa teratasi dengan buah sawo. Sebab salah satu manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh untuk melancarkan pencernaan.

6. Mengatasi Obesitas

Memiliki masalah dengan timbangan berat badan? Dimana berat badan sudah sangat jauh dari kata ideal? Nah, jangan panik. Salah satu cara paling nikmat menurunkan berat badan adalah dengan konsumsi sawo. Kandungan fruktosa dan takaran kalori yang dimiliki bisa membuat kita bertenaga. Kandungan seratnya juga membuat kenyang lebih lama. Sehingga, kita tidak makan dalam jumlah berlebihan.

Bagaimana? Ternyata manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh ada banyak sekali, bukan? Tertarik ingin mencoba?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *