Dokter Gigi Terdekat dan Murah

Dokter Gigi Terdekat dan Murah

Tips Saat Memilih Dokter Gigi Terdekat dan Murah

Kenyamanan saat periksa gigi akan membuat Anda dan keluarga tenang. Perbedaan harga jasa konsultasi kesehatan gigi menjadi faktor yang cukup penting bagi kebanyakan orang. Dengan peluang bisnis tersebut, banyak oknum yang menyalahgunakan dengan membuka klinik abal-abal. Akibatnya tak sedikit pasien yang tertipu dan mengalami malpraktik. Agar Anda tidak menjadi salah satu korbannya, berikut kami berikan tips-tips saat memilih dokter gigi terdekat dan murah.

Kumpulkan Informasi

Untuk menentukan dokter gigi yang sesuai sebagai partner kesehatan, maka Anda perlu mencari tahu beberapa hal berikut :

  • Jam Kerja : Carilah informasi mengenai jam kerja klinik yang akan dikunjungi. Pilihlah sesuai dengan jadwal yang Anda miliki.
  • Lokasi : Pilih Tempat praktek yang dekat dengan lokasi tempat kerja atau hunian Anda.
  • Latar belakang : Cobalah cari tahu informasi mengenai dokter gigi tersebut. Dimana dokter itu mendapat pelatihan dan pengalaman apa saja yang dimiliki sebelumnya.
  • Harga : Tanyakan mengenai semua biaya dan cara pembayaran pemeriksaan yang akan Anda jalani. Anda bisa menanyakan kepada rekan yang pernah menjalani pemeriksaan di tempat tersebut atau menghubungi kontak yang biasanya sudah tersedia.
  • Asuransi Kesehatan : Pastikan juga apakah klinik tersebut ada dalam jaringan asuransi yang Anda ikuti.

Datang ke Lokasi Praktik

Saat mendatangi lokasi praktik dokter gigi terdekat dan murah  yang sudah dipilih, maka perhatikan juga hal di bawah ini :

  • Kebersihan dan kerapihan tempat praktik.
  • Pelayanan yang diberikan oleh staff kesehatan.
  • Perhatikan bagaimana cara dokter dan staff kesehatan lainnya dalam menangani pasien.
  • Selama konsultasi perhatikan dokter dan perawat yang melayani Anda, apakah mereka menggunakan sarung tangan atau tidak, ingat kebersihan adalah faktor utama pendukung kesembuhan.

Siapkan Biaya Pengobatan

Biaya yang dikeluarkan saat pengobatan bisa bervariasi sesuai dengan penanganan yang diperlukan dan kebijakan rumah sakit. Biasanya biaya pengobatan di rumah sakit swasta akan lebih mahal dibandingkan rumah sakit pemerintah. Berikut estimasi biayanya :

  • Dokter gigi di rumah sakit swasta : Untuk biaya konsultasi biasa di rumah sakit swasta sekitar Rp. 25.000,- sampai Rp 350.000,-
  • Dokter gigi di klinik : Biaya konsultasi biasanya antara Rp. 25.000,- sampai Rp. 300.000,-
  • Dokter gigi di Puskesmas : untuk konsultasi biasa di puskesmas biasanya tidak dikenakan biaya. Anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran saja. Tapi kebijakan in bisa berbeda tergantung dengan peraturan yang ditetapkan Pemda.

Daftar harga pemeriksaan dokter terdekat dan murah di atas hanya sebagai estimasi saja. Tarif yang ditetapkan dokter beragam disebabkan dari besar kecilnya tempat praktik atau kelengkapan fasilitas kesehatan.

Data Asuransi (Jika Punya)

Biaya pengobatan di dokter gigi terdekat dan murah tentunya bisa ditanggung oleh asuransi. BPJS Kesehatan atau Asuransi lainnya menentukan tarif pertanggungan yang bermacam-macam sesuai ketentuan perusahaan.

Sebelum menuju faskes, siapkan dulu berkas yang diperlukan seperti Kartu Peserta BPJS Kesehatan/asuransi lain, KTP, KK, dan Nomor Rekam Medis.

Namun tidak semua layanan kesehatan bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Maka Anda harus tahu perawatan apa saja yang dapat dan tidak dapat di bebankan kepada perusahaan asuransi tersebut.

Selain menentukan dokter gigi terdekat dan termurah ada baiknya biasakan diri untuk menjaga kesehatan gigi  terlebih dahulu. Makan buah dan sayur sehat, menyikat gigi dua kali sehari, serta menggunakan obat kumur bisa menjadi langkah pencegahan.