Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Beserta Pembahasannya.

Pada masa modern sekarang ini, Anda bisa mendapatkan informasi secara mudah dan melimpah dengan berbagai tema menarik. Berita yang baik adalah berita yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pembacanya. Teks eksposisi merupakan salah satu bentuk kaidah bahasa yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa tertentu. Tentu menarik apabila Anda bisa tahu bagaimana contoh teks eksposisi tentang kesehatan.

Tema yang diangkat bermacam-macam, mulai dari kesehatan, lingkungan, hukum, dan lain-lain. Biasanya teks ini berisikan data yang berdasarkan fakta atau non fiksi.

Struktur Teks Eksposisi terdiri dari beberapa bagian yaitu tesis, argumen dan penegasan ulang. Sebagai penjelasan mengenai struktur tersebut, simaklah contoh Teks Eksposisi tentang kesehatan berikut ini.

Contoh

Judul : Manfaat Buah Mengkudu untuk Menurunkan Demam

Sejak zaman dahulu Mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan seperti batuk dan pilek hingga penyakit berat seperti kanker.

Untuk Anda yang sedang menderita demam, mengkudu juga bisa diolah menjadi obat penurun demam loh. Tapi, apakah Mengkudu aman untuk dikonsumsi? mari kita baca penjelasan medisnya.

Mengkudu atau buah Noni memiliki zat antivirus yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan demam. Selain itu Noni juga memiliki khasiat analgesik yang baik, setara dengan Tramadol. Dengan kandungan tersebut maka efek rasa sakit yang biasanya timbul saat demam akan berkurang.

Kandungan Analgesik dalam Mengkudu biasanya juga digunakan Pasien Arithritis untuk mengurangi rasa nyeri. Caranya dengan meletakkan ramuan daun Mengkudu yang masih segar di daerah yang nyeri atau bengkak.

Dengan melimpahnya khasiat buah Noni, patut saja jika digunakan untuk menyembuhkan demam dan penyakit lainnya secara turun-temurun. Tak hanya itu, kini para produsen obat herbal juga menggunakan Mengkudu sebagai ramuan kesehatan.

Asalkan sesuai dengan resep Mengkudu aman untuk dikonsumsi. Kecuali untuk orang yang memiliki riwayat penyakit khusus, Anda bisa menghubungi dokter terlebih dahulu.

Pembahasan Struktur

Dari contoh Teks Eksposisi tentang kesehatan di atas dapat di ketahui pembagian strukturnya yaitu:

Tesis :

“Sejak zaman dahulu Mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan seperti batuk dan pilek hingga penyakit berat seperti kanker.

Untuk Anda yang sedang menderita demam, mengkudu juga bisa diolah menjadi obat penurun demam loh. Tapi, apakah Mengkudu aman untuk dikonsumsi?” dalam kalimat tersebut berisi pendapat mengenai suatu objek, dalam teks di atas adalah Mengkudu. Tesis juga bersifat mengajak.

Argumentasi :

Kalimat yang berisi argumentasi dalam contoh Teks Eksposisi tentang kesehatan yaitu “Mengkudu atau buah Noni memiliki zat antivirus yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan demam. Selain itu Noni juga memiliki khasiat analgesik yang baik, setara dengan Tramadol. Dengan kandungan tersebut maka efek rasa sakit yang biasanya timbul saat demam akan berkurang.

Kandungan analgesik dalam Mengkudu biasanya juga digunakan Pasien Arithritis untuk nengurangi rasa nyeri”. Dalam kalimat tersebut penulis menunjukkan bukti-bukti medis mengenai manfaat Mengkudu.

Penegasan ulang :

“Dengan melimpahnya khasiat buah Noni, patut saja jika digunakan untuk menyembuhkan demam dan penyakit lainnya secara turun-temurun. Tak hanya itu, kini para produsen obat herbal juga menggunakan Mengkudu sebagai ramuan kesehatan.

Asalkan sesuai dengan resep Mengkudu aman untuk dikonsumsi. Kecuali untuk orang yang memiliki riwayat penyakit khusus, Anda bisa menghubungi dokter terlebih dahulu” dalam contoh Teks Eksposisi tentang kesehatan di atas, penulis  mengulang kembali tesis awal untuk menegaskan kepada pembaca. Selain itu, diberikan juga penjelasan tambahan untuk menutup kesimpulan.

Setelah membaca pembahasan contoh Teks Eksposisi tentang kesehatan tersebut, tentunya Anda sudah semakin mengerti, bukan? Dengan memahami maksud kalimatnya, Anda bisa menulis sendiri Teks Eksposisi dengan beragam tema.