Cara Membuat Google Form Dengan Mudah Hanya 5 Menit Saja!

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah Hanya 5 Menit Saja!

 

Dengan majunya teknologi ada banyak fasilitas di internet yang makin berkembang, salah satunya adalah fitur yang dimiliki oleh Google. Google telah meluncurkan sebuah fitur bermanfaat yakni Google Form. Yang mana, bisa digunakan dan berfungsi bagi banyak kalangan. Benarkah? Ya, mari kita bahas apa kegunaan dari google form ini. Fitur ini memungkinkan digunakan dalam banyak kegiatan. Misalnya saja ketika kita ingin membuat sebuah acara, menghitung hasil survey dan quick polling tanpa memerlukan bantuan software khusus lagi. Tentu saja hal ini disukai banyak orang dari kalangan pelajar hingga para pekerja. Namun, sudah tahukah kita bagaimana cara memhuatnya? Jika belum, berikut panduan cara membuat google form dengan mudah.

Tata Cara Membuat Google Form

Ada banyak cara yang bisa kita gunakab untuk menciptakan sebuah google form, namun langkah-langkah di bawah ini bisa digunakan bagi pemula, yaitu:

  • Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke halaman form.google.com kemudian carilah pilihan template atau pilih blank.
  • Kita juga bisa membuat form jika membuka drive.google.com kemudian pilih menu new dan pilih lainnya kemudian ambil google form. Setelah menemukan menu google form kemudian klik blank form setelah mengarahkan kursor ke arah kanan.
  • Pilih bagian pojok kiri atas, disana kita bisa mengganti atau menamai form tersebut. Oilihan ini adalah untilted form dan kemudian ketik nama form baru yang akan digunakan tersebut.
  • Kemudian, kita bisa menambahkan deskripsi singkat yang terletah dibagian bawah dari nama atau judul form tersebut. Setelah menemukan letaknya, yang perlu dilakukan hanya mengetikkan teka deskripsi saja.
  • Jika tidak ingin menggunakan warna tema default, maka kita bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan. Cara merubah warna tema sangat mudah, klik saja menu pallet warna dan kita bisa mengganti tema serta warna latar belakang dari form tersebut.

Nah, dengan langkah-langkah diatas maka form sudah selesai dibuat, kita hanya perlu mengedit isinya sesuai dengan kebutuhan. Mengerti dan mempelajari form editor sangatlah mudah, ada banyak tombol-tombol yang berguna bagi form tersebut.

Tata Cara Menambahkan Petanyaan Pada Form

Seperti pembahasan kita di atas, bahwasanya google form ini merupakan fitur terbaik serbaguna milik Google. Ada banyak yang bisa ditambahkan pada form tersebut seprti video, foto maupun pertanyaan. Nah, jika ingin menambahkan pertanyaan, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah menambahkan pertanyaan pada form google :

  • Pertama-tama kita harus mencari menu untilted question dan klik pada bagian tersebut. Akan ada muncul saran pertanyaan yang mendekati dari tema pertaanyaan yang akan anda ajukan. Untuk itu, masukkan pertanyaan dengan benar.
  • Kliklah bagian panah ke bawah jika ingin melakukan perubahan terhadap pertanyaan yang anda ajukan.
  • Jika pertanyaan yang dibuat di form tersebut membituhkan sebuah respon langsung maka tambahkan opsi respon di pertanyaan yang kita buat.
  • Pilihlah opsi required untuk menentukan dan memastikan jawaban dari pertanyaan tersebut diisi oleh tujuan sasaran pertanyaan kita nantinya
  • Untuk menggandakan pertanyaan yang ada, hanya perlu melakukan pemilihan opsi duplicate. Sehingga, pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya akan otomatis diulang lagi.
  • Sedangkan untuk menambah jumlah pertanyaan hanya perlu memilih opsi add question. Kemudian isikan kembali peetanyaan yang akan ditulis.

Sangat mudah dalam mempelajari cara membuat google form, bukan? Dengan ini, kita tentunya bisa menggunakan layanan tersebut dengan mudah, nyaman dan tidak perlu pelatihan khusus lagi. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *