Cara Membuat Boba Dengan Resep Praktis dan Mudah

Cara Membuat Boba Dengan Resep Praktis dan Mudah

Bukan hal yang aneh lagi jika sekarang ini banyak kita temui berbagai jenis minuman kekinian yang menggunakan topping atau isian boba. Boba sendiri sangat nikmat untuk dinikmati sebab memiliki tekstur kenyal dan enak. Nah, mengetahui cara membuat boba tentu saja bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Agar tidak salah dalam membuatnya, berikut akan kita ulas lebih dalam tentang boba tersebut.

Asal Usul Boba

Sebelum mengulik resepnya, tidak ada salahnya kita mengetahui dari mana asal usul boba tersebut. Boba sendiri merupakan jenis jajanan yang ada dari negara tetangga yakni Taiwan. Di sana, boba sudah mulai diperkenalkan ke masyarakat dari tahun 1980 silam. Dan, dengan meningkatnya kepopulerannya, boba menjadi salah satu pilihan jajanan yang dikenal diberbagai belahan dunia. Tidak hanya dikenal dan populer di Asia saja, boba juga memiliki penggemar di Eropa, Australia dan Amerika tentunya. Bahkan, pada awal kemunculannya di Indonesia, boba ini dikenal dengan nama pearl milk tea. Karena boba memang menjadi isian populer bagi minuman teh susu. Mungkin, masih sedikit dari kita yang mengetahui boba ini tidak hanya sekedar topping minuman bukan? Nah untuk lebih lanjut kita akan membahas bagaimana cara membuatnya. Walaupun mungkin bola-bola chewy yang bisa dibuat manual ini tidak serapi buatan pabrik tapi tetap layak dicoba, kok!

Tata Cara Membuat Boba

Nah hal yang mungkin sangat ingin diketahui banyak orang adalah tata cara membuat boba secara manual. Sebab, kita bisa memastikan sendiri rasa dan kebersihannya. Tidak dipungkiri juga, mengetahui resep boba juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk bisnis kuliner. Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

  • 200 gr air
  • 250 gr air dingin atau berupa es
  • 280 gr tepung tapioka
  • 180 gr gula aren

Cara membuat :

  • Pertama-tama nyalakan api kompor ukuran sedang dan masukkan panci atau alat untuk memasak adonan boba. Kemudian campurkan gula aren dan air yang sudah disiapkan tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengaduk adonan agar meesap dan menyatu dengan sempurna. Aduk dan masak sebentar hingga gula aren sudah mulai larut dan tidak membentuk gumpalan lagi.
  • Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan selalu diaduk agar adonan gula, air serta tepung menyatu sempurna. Masak dan jangan berhenti mengaduk jika adonan belum rata dan belum menyatu.
  • Angkat dari kompor, dinginkan sebentar dan letakkan adonan pada wadah yang datar. Kemudian ambil sedikit demi sedikit dan bentuklah boba tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Tambahkan sedikit tepung tapioka ke adonan yang akan dibentuk agar tidak lengket satu sama lain. Agar lebih mudah buatlah adonan memanjang dan potong seperti bentuk kelereng.
  • Kemudian, kembali hidupkan kompor dengan api sedang dan panaskan alat kukusan. Alat ini nantinya akan digunakn untuk mengukus adonan boba yang telah dibentuk. Jika tidak punya kukusan kita bisa menggunakan panci untuk merebus boba dengan menambahkan air.
  • Masaklah boba tersebut hingga teksturnya terlihat kental dan mengkilap. Jika sudah maka angkat dan matikan kompor serta masukkan kedalam wadah berisi air dingin. Hal ini dilakukan untuk mendinginkan boba dan boba sudah siap digunakan.

Demikianlah tata cara membuat boba dengan resep simpel dan mudah. Bahkan, boba bisa dinikmati sebagai isian kue atau roti, loh! Jadi, tidak ada salahnya kita belajar membuat dan mengkreasikan boba, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *