Benarkah Air RO Berbahaya? Cek Faktanya Disini!

Benarkah Air RO Berbahaya? Cek Faktanya Disini!

Saat ini pada umumnya air minum yang tersedia di dalam kemasan terdiri dari dua golongan, yakni air mineral dan air Reverse Osmosis (RO), baik dalam bentuk kemasan maupun isi ulang. Lalu, benarkah air RO berbahaya bagi kesehatan tubuh kita?

Air Reverse Osmosis (RO) merupakan air yang diproses dengan menggunakan alat yang bisa mengolah air minum biasa jadi air murni. Air RO berarti air yang sama sekali tak memiliki kandungan mineral dan zat-zat berbahaya seperti bakteri atau zat beracun.

Dengan demikian air RO aman dari aspek bakteri patogen atau zat beracun. Air RO tidak mengandung pencemaran yang membahayakan untuk kesehatan. Namun air minum yang rendah mineral bisa memunculkan masalah kesehatan, terlebih air tanpa kandungan mineral seperti halnya air RO. Jadi benarkah air RO berbahaya?

Benarkah Air RO Berbahaya

Menurut hasil penelitian, air minum dengan rendah mineral bila diminum dalam jangka yang tidak sebentar akan mengakibatkan masalah kesehatan misalnya menambah risiko terkena beberapa penyakit seperti jantung koroner, kanker, dan lain-lain.

Memang air minum bukanlah sekedar berfungsi cuma sebagai sumber mineral magnesium dan kalsium. Namun bila kandungan magnesium dan kalsium rendah sekali, maka akan berlangsung gangguan penyerapan magnesium dan kalsium yang ada dalam makanan yang lainnya.

Riset membuktikan kalau penyerapan logam toksis seperti timbal akan berlangsung bila mineral magnesium dan kalsium amat rendah dalam air minum. Namun, bila magnesium dan kalsium cukup dalam air minum, maka penyerapan timbal, baik yang ada di dalam air minum dan makanan yang lainnya, tidak akan terjadi sehingga bisa mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh logam toksis itu.

Mengkonsumsi air RO dalam jangka yang pendek memang belum menimbulkan beberapa gejala negatif pada kesehatan. Namun dalam jangka lama (selama beberapa tahun) mengkonsumsi air RO dapat menimbulkan peningkatan risiko beragam penyakit seperti kanker, jantung koroner dan lain-lain.

Pada saat sekarang masih terdapat kontroversi dari sejumlah ahli yang menyatakan kalau mengkonsumsi air RO akan terlepas dari risiko penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa zat beracun yang mungkin bisa ada pada air minum biasa lantaran kemungkinan bisa mengandung pencemar yang berpengaruh negatif.

Air memang bukanlah makanan yang berfungsi selaku sumber mineral karena mineral bisa didapatkan dari bahan makanan lainnya. Selain itu pula dinyatakan kalau air RO lebih efisien untuk proses detoksifikasi. Namun kenyataannya, dari beragam hasil riset yang lebih akurat didapat kalau air RO akan mengakibatkan penambahan risiko beragam penyakit bila dikonsumsi dalam jangka yang panjang atau lama sebab air RO memiliki sifat agresif, mengikat berbagai mineral yang diperlukan yang ada dalam makanan lainnya sehingga penyerapannya akan terhambat.

Oleh karena itu dalam jangka waktu yang lama tubuh dapat kekurangan mineral. Terlebih meminum air RO tanpa dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang lainnya yang barangkali terjadi ialah bahwa air RO akan mengikat mineral dari cairan tubuh dan artinya hal ini akan berpengaruh negatif pada kesehatan sebab tubuh kekurangan mineral. Jadi bisa disimpulkan kalau mengonsumsi air RO (Reverse Osmosis) lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya.

Jadi benarkah air RO berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia? Ya, air RO berbahaya untuk kesehatan. Namun mengonsumsi air RO boleh-boleh saja asalkan diselingi dengan mengonsumsi air bermineral. Atau pastikan bila Anda akan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan beragam supaya kekurangan mineral dan ion bisa tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *