Apa Saja Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Kita?

Apa Saja Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Kita?

Di tanah air kita, sudah bukan hal yang aneh lagi jika sebuah wilayah dikabarkan sedang dilanda masalah kabut asap. Walaupun hal ini meresahkan, tapi tetap saja ada kejadian secara berkala setiap tahunnya. Parahnya lagi, terkadang kabut asap ini bisa melanda berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Penyebabnya? Ada beragam. Penyebab paling sering dan terparah adalah kebakaran hutan. Baik yang tidak disengaja akibat musim kemarau panjang maupun yang disengaja untuk membuka lahan. Walaupun sudah lumrah dan terkesan disepelekan. Namun, tahukah kita tentang dampaknya? Untuk itulah kali ini kita akan membahas tentang apa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita di bawah ini.

Apa Saja Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang daftar masalah atau efek negatif jika tubuh kita selalu terpapar kabut asap tersebut. Kenapa sih kabut asap ini berbahaya? Sebab, kandungannya sangat tidak baik dan bisa merusak kesehatan. Nah, apa-apa saja memangnya kandungan kabut asap tersebut? Berikut daftarnya :

  • Karbon dioksida
  • Karbon monoksida
  • Nitrogen dioksida
  • Sulfur dioksida
  • Ozon
  • VOC

Tidak hanya senyawa berbahaya di atas saja, bahkan partikel yang terkandung didalamnya seperti butiran debu serta pasir juga menyebabkan sejumlah masalah. Masalah apa saja memangnya? Yuk simak daftarnya di bawah ini :

Kesehatan Mata Terganggu

Pernah melihat seseorang yang mengalami kemerahan di matanya setelah terpapar asap? Nah, masalah kesehatan ringan ini bisa menyerang siapa saja jika terkena kabut asap tersebut. Pasalnya, senyawa dan partikel di dalam kabut asap akan menyebabkan mata memerah akibat reaksi iritasi. 

Sesak Nafas

Pengap dan udara yang menjadi tidak sehat akibat kabut asap tentu menginfeksi saluran pernafasan. Bukan tidak mungkin seseorang menjadi sulit bernafas jika berada di tempat yang berkabut. Hal ini disebabkan minimnya pasokan udara bersih yang sehat untuk dihirup. Kesulitan bernafas ini akan semakin parah jika kita sedang beraktifitas. Misalnya saja bekerja atau berolahraga.

Iritasi Tenggorokan

Dampak berikutnya berlanjut ke saluran nafas bagian atas yakni tenggorokan. Jika kita terpapar kabut asap secara konsisten dalam waktu yang lama, bukan hal yang mustahil jika tiba-tiba tenggorokan terasa nyeri, gatal hingga batuk kering atau berdahak. Senyawa polutan yang ada di dalam kepulan kabut asap akan memicu timbulnya reaksi alergi hingga reaksi radang tenggorokan yang berupa iritasi ringan hingga berat.

Resiko Kanker Paru-Paru

Paru-paru manusia terdiri daru kantong-kantong udara yang berfungsi menyaring dan mengedarkan udara bersih ke seluruh sel tubuh. Namun sayangnya, jika tubuh terpapar udara tidak sehat tersebut. Apalagi jika terpapar dalam waktu yang lama, maka kantong udara paru-paru akan terisi udara kotor. Ini akan berdampak kepada beragam jenis penyakit pernapasan hingga masalah kanker paru-paru.

Mengganggu Fungsi Otak dan Jantung

Kedua organ vital tubuh ini juga bisa terkena dampak dari kabut asap tersebut. Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, bahwa paru-paru akan mengedarkan udara kotor. Hal ini tentunya meningkatkan resiko masalah otak. Kinerja otak akan menurun. Sebab, sel-sel otak membutuhkan asupan udara segar yang sehat dan bersih agar bisa bekerja dengan baik. Sayangnya tidak hanya otak saja. Bahkan, jantung juga akan mengalami masalah dan rentan terkena penyakit. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki riwayat stroke dan darah tinggi.

Sangat banyak sekali masalah pada pembahasan apa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita ini bukan? Jadi, waspadalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *