Antrean BPJS Kesehatan

Antrean BPJS Kesehatan

Antrean BPJS Kesehatan dengan Sistem Online

Sistem antrean secara online BPJS Kesehatan saat ini sudah diterapkan di 9.404 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Jumlah ini dikatakan sudah sampai 47 persen dari target tahun 2020. Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu antrean BPJS Kesehatan online, silahkan simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa fungsi antrean BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan merupakan layanan jaminan kesehatan yang diharapkan dapat menjangkau seluruh masyarakat. Pengguna jaminan ini tentunya tak sedikit. Karena hal tersebut, maka sering kali terjadi penumpukan antrean di berbagai fasilitas kesehatan. Maka dari itu dibuatlah sistem antrean online.

Tak hanya itu, dengan sistem ini juga diharapkan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 karena masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama di faskes. Sistem ini juga mempermudah pasien untuk mengetahui nomor antrean lain yang sedang menerima pelayanan, sehingga dapat diperkirakan waktunya.

Bagaimana Cara Mendaftar Antrean Online?

Mengakses antrean online umumnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan data seperti KTP, Kartu Keluarga, Nomor Rekam Medis dan Kartu Peserta BPJS Kesehatan. Ini dia cara akses antrean BPJS Kesehatan online :

  1. Buka web bpjs-kesehatan.go.id/antrean-faskes/#/access/signin
  2. Masukkan username, password dan captcha pastikan sesuai dengan data yang seharusnya.
  3. Di halaman pertama terdapat menu dashboard, kemudian pilih menu console box.
  4. Klik tombol open, lalu akan ditampilkan laman console box yaitu Peserta BPJS dan Non Peserta BPJS.
  5. Untuk penganbilan nomor antre tekan salah satu tombol sesuai status kepesertaan Anda.
  6. Jika peserta BPJS, maka cukup ketikkan nomor peserta BPJS atau NIK.
  7. Jika Anda bukan peserta BPJS, maka masukkan NIK atau Nomor Rekam Medis.
  8. Lalu pilih poli kesehatan yang dituju.
  9. Klik tombol “>”
  10. Nomor antrean Anda akan muncul di layar.

Apakah Sistem Antrean Online Memiliki Kekurangan?

Dengan adanya inovasi ini tentunya Anda bisa mendapatkan nomor antrean dimanapun dan kapanpun asalkan jaringan internet tersedia. Ini sangat membantu dan dapat menghemat waktu.

Namun untuk kalangan orang lanjut usia, sistem ini menjadi cacat karena sulit untuk dgunakan oleh mereka. Bahkan sebagian masyarakat masih belum faham dengan cara menggunakan sistem antrean BPJS Kesehatan ini.

Antrean online yang sangat tergantung dengan jaringan internet. Jaringan internet inilah yang kemudian menjadi kendala selanjutnya. Masyarakat yang tinggal di lokasi minim sinyal akan sangat terbebani dengan adanya sistem ini.

Agar Tidak Terjadi Masalah, Adakah Hal-hal yang Harus Diperhatikan?

Anda sudah siap untuk menggunakan sistem online antrean BPJS Kesehatan? Tunggu sebentar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menggunakan sistem ini. di antaranya :

  1. Ambil nomor antrean jauh-jauh hari sebelum tanggal periksa yang dipilih. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terburu-buru saat jaringan internet memburuk.
  2. Saat sudah mendapat nomor antrean, datanglah tepat waktu atau lebih awal 30 menit sebelumnya. Nomor antrean akan hangus jika terlambat, dan harus mengulang di hari selanjutnya dengan nomor antrean baru.
  3. Pastikan lagi nomor KTP, Kartu Keluarga, dan Kartu peserta BPJS Kesehatan benar.
  4. Tunjukkan nomor antrean online Anda kepada petugas yang ada di lokasi.
  5. Saat menunggu jangan lupa gunakan masker dan jaga jarak dengan peserta lain.

Pemerintah membuat sistem antrean BPJS Kesehatan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. Sistem ini memang belum sempurna, namun manfaatnya sudah dapat dirasakan. Terutama di masa new normal yang mengharuskan kita mengurangi aktifitas berkerumun di luar rumah.