Amalan-Amalan 1 Muharram Agar Panen Pahala

Amalan-Amalan 1 Muharram Agar Panen Pahala

1 Muharram atau yang dikenal sebagai tahun baru Islam adalah waktu istimewa. Keistimewaan ini telah dijelaskan oleh Allah SWT di dalam firmanNYA. Untuk itulah banyak kaum muslimin yang berlomba-lomba mencari tahu tradisi, fakta dan amalan apa saja yang bisa memberikan keberkahan serta kemudahan pahala. Sebagaimana yang kita ketahui, waktu-waktu istimewa yang ditetapkan oleh Allah tentu lebih banyak mendatangkan berkah, serta limpahan pahala jika kita melakukannya dengan maksimal. Tapi, apakah kita sudah tahu amalan apa saja yang baik dilakukan ketika 1 Muharram tiba? Berikut penjelasannya.

1. Sholat Sunnah

Amalan pertama yang bisa kita lakukan agar bisa menyambut tahun baru Islam tersebut adalah melaksanakan sholat sunnah setelah sholat wajib. Setidaknya, dirikanlah 2 rakaat shalat sunnah agar bisa memohon dan berdoa agar di tahun selanjutnya kita dan keluarga bisa terhindar dari hal-hal buruk. Tidak sedikit kaum Muslimin yang akhirnya mendirikan dua rakaat shalat untuk meminta banyak hal-hal baik dan keberkahan. Sebab dipercaya doa-doa yang disampaikan secara tulus ketika waktu istimewa ini lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Puasa Asyura

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa 1 Muharram ini merupakan salah satu waktu istimewa yang ditetapkan oleh tuhan pemilik alam semesta. Inilah alasan mengapa disarankan untuk berlomba-lomba mencari keberkahan dan panen pahala yang tak terhingga. Diriwayatkan bahwasanya permintaan yang diucapkan melalui doa akan mudah dikabulkan pada waktu ini. Bahkan, salah satu amalan yang tak kalah baik dilaksanakan adalah puasa Asyura. Puasa ini sudah lama sekali dilakukan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah. Bahkan nabi Muhammad sangat menyarankan untuk melaksanakan ibadah puasa ini.

3. Menyantuni Anak Yatim

Ketahuilah, orang-orang yang gemar menyantuni anak yatim adalah orang yang akan dekat tempatnya dengan nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak. Dengan keutamaan tersebut sangat disarankan agar selalu memuliakan dan menyantuni para anak g yatim yang pastinya sudah terlantar serta membutuhkan kasih sayang. Ketika di hari biasa saja hal ini angat disarankan dan pahalanya amatlah besar, apalagi jika dilakukan di hari istimewa. Tentu saja akan mendapatkan limpahan pahala dan rahmat luar biasa.

4. Surah Yasin

Amalan berikutnya yang tidak kalah bermanfaat adalah membaca surah yasin. Setidaknya dianjurkan membaca 3 kali setelah sholat magrib pada tanggal 1 Muharram tersebut. Membaca surat ini tidak hanya memberikan limpahan pahala aaja, namun juga bisa menjadi alat untuk mengabulkan hajat yang masih tertunda dan permintaan belum terkabulkan. Surat ini juga diyakini sebagai salah satu penyembuh sakit yang ampuh. Apalagi jika dibacakan pada hari istimewa tersebut.

5. Hindari Perbuatan Dosa

Sebisa mungkin ketika memasuki tahun baru Islam maka sangat dianjurkan untuk melakukan hal-hal baik dan tidak melakukan hal-hal buruk. Karena ini merupakan awal tahun untuk kembali mensucikan diri. Untuk itu jangan kembali melakukan hal-hal buruk terlebih dahulu. Jika bisa, hal ini menjadi awal agar kita tidak melakukan lagi maksiat dan meneruskan hal-hal baik.

6. Ziarah Makam

Mengunjungi kerabat yang telah meninggal sering kali dilakukan di waktu-waktu yang baik seperti waktu idul fitri, idul adha dan tahun baru Islam tersebut. Nah, agar diberikan kelimpahan maka cobalah ziarah makam dan memohon ampunan bagi yang telah meninggal.

Nah, demikianlah amalan-amalan yang baik dilakukan untuk tahun baru Islam tersebut atau ketika tanggal 1 Muharram telah tiba. Semoga dapat keberkahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *