6 Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

6 Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat biji mahoni untuk kesehatan ini. Sebab, mahoni dulunya hanya digunakan pohonnya untuk diambil bagian kayunya. Kayu mahoni ini menjadi salah satu jenis kayu populer untuk keperluan mebel. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sekarang kita juga bisa merasakan manfaat dari pohon mahoni selain kayunya. Ya, yang akan kita bahas kali ini adalah bijinya. Dimana bijinya ini biasa digunakan agar pohon mahoni bisa tetap berkembang biak. Nah, apa saja sebenarnya kegunaan dari biji mahoni ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Masalah Nyeri Haid

Bagi para wanita, masalah ini bukan lagi masalah yang aneh. Sebab, hampir semua wanita pernah merasakan gejala nyeri haid tersebut. Bahkan, kebanyakan akan selalu merasakan rasa nyeri secara rutin di awal menstruasi setiap bulannya. Ada banyak cara yang dilakukan untuk meredakan masalah nyeri haid tersebut. Mulai dari cara tradisional seperti meminum jamu hingga obat-obatan. Dan, siapa sangka biji mahoni bisa menjadi salah satu alternatifnya. Terbukti jika dikonsumsi di hari pertama hingga hari ketiga naka nyeri haid akan berkurang.

Mengatasi Demam

Manfaat berikutnya dari biji mahoni ini adalah mengatasi rasa demam. Demam merupakan gejala umum yang menyerang semua orang di setiap golongan usia. Baik bagi bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Obat demam ini juga sering kita jumpai. Baik secara kimiawi maupun secara alami. Nah, salah satu metode lami adalah mengkonsumsi bubuk dari biji mahoni dengan air hangat dan sesendok madu. Konsumsi secara rutin 2 hingga 3 kali sehari dan demam akan berkurang.

Mengatasi Rematik

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang menyerang sendi-sendi tubuh ini? Rematik sendiri kerap dikaitkan dengan usia. Semakin tua seseorang maka akan semakin mudah terserang. Walaupun. Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang memungkin seseorang terkena rematik. Cara mengatasinya dengan biji mahoni ini tetap sama dengan tata cara mengobati demam. Campurkan serbuk biji yang sudah dihaluskan ditambah sedikit madu kedalam air hangat. Agar mendapatkan hasil maksimal minum setidaknya 3 kali sehari.

Atasi Sembelit

Sembelit juga masalah kesehatan yang umum menyerang siapa saja. Kita bisa mengatasi sembelit dengan mengonsumsi obat-obat kimiawi yang mendorong kinerja usus. Hanya saja, ada pilihan obat alami yang juga tak kalah ampuh untuk mengatasi sembelit. Salah satu cara alami yang dianjurkan adalah konsumsi biji mahoni. Tetap saja, kita harus menghaluskan terlebih dahulu hingga menjadi butiran serbuk. Kemudian hanya perlu dikonsumsi dengan air hangat.

Obat Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi seringkali menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang mendatangi klinik untuk berobat. Sayangnya, hal ini dipengaruhi oleh umur, jenis kelami, gen hingga pola hidup. Tentu saja, hipertensi bisa berpotensi kembali terulang jika kita tidak mencegah dan mengobatinya dengan benar. Namun, jangan khawatir. Salah satu cara ampuh adalah mengkonsumsi ramuan biji mahoni secara rutin. Masukkan 8 gr butiran serbuk biji mahoni dan rendam dengan air. Saring dan bagi menjadi dua bagian. Minum secara rutin pagi dan sore hari.

Meningkatkan Nafsu Makan

Memiliki masalah dengan nafsu makan? Mungkin sedang sakit atau baru saja sembuh dari sakit tertentu. Biasanya, akan menyebabkan nafsu makan menurun. Tapi jangan khawatir, konsumsi biji mahoni ini juga dikenal ampuh mengembalikan nafsu makan.

Ternyata ada banyak sekali manfaat biji mahoni untuk kesehatan, ya? Nah jangan lupa untuk mencoba dan rasakan khasiatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *