4 Efektivitas Beli Masker Masker N95 Dalam Mencegah Penularan Corona

4 Efektivitas Beli Masker Masker N95 Dalam Mencegah Penularan Corona

Sebagai masyarakat yang taat aturan, sudah seharusnya kita tidak berpergian ke luar rumah jika tidak benar-benar perlu selama masa pandemi virus corona ini masih berlangsung. Saat Anda harus ke luar rumah, Anda pun perlu mengikuti dan menaati protokol yang dianjurkan, salah satunya dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Anda bisa beli masker n95, masker kain, dan jenis lainnya.

Sebenarnya, ada empat jenis masker yang dianjurkan untuk dipakai selama pandemi corona. Tentunya, masker-masker tersebut memiliki tingkat efektivitas yang berbeda dalam mencegah virus. Berikut beberapa jenis masker yang bisa Anda pakai selama masa pandemi ini, diantaranya:

  1. Masker Karbon

Berdasarkan namanya, jenis masker yang satu ini tentu mengandung filter karbon aktif yang bertujuan membantu menyaring polutan dan juga kuman. Adapun beberapa penelitian menyatakan bahwa filter karbon yang ada dalam masker mampu meningkatkan kapasitas paru-paru dan otot-otot pernapasan, sehingga jenis masker yang satu ini sangat baik digunakan oleh orang yang tinggal di kota tercemar.

Selain itu, masker ini juga bisa membantu pencegahan alergi, hal ini dikarenakan mampu menghalangi polusi dan partikel kecil seperti bakteri dan jamur. Namun, jenis masker yang satu ini dinilai kurang efektif dalam mencegah penularan virus seperti corona. Dimana masker ini hanya mampu menjebak sedikitnya 10-20 persen virus.

  1. Masker Kain

Saat ini, masker sudah menjadi salah satu barang langka karena sangat dibutuhkan. Maka dari itu, banyak yang sudah beralih ke masker kain buatan sendiri. Adapun jenis masker ini bisa dilapisi tisu dan juga spons. Walaupun tidak terlalu efektif dalam menyaring kuman, namun jenis masker ini dinilai lebih baik dibandingkan tidak mengenakan apapun ketika keluar rumah.

Secara umum, jenis masker kain ini memang kurang melindungi jika dibandingkan dengan masker bedah atau respirator N95. Akan tetapi, setidaknya jenis masker ini mampu membantu seseorang dalam menjaga area wajahnya agar tetap bersih dan mencegah penularan virus.

  1. Masker N95 Bedah

Selanjutnya, jenis masker yang satu ini adalah yang paling umum dipakai oleh banyak orang. Adapun masker bedah ini biasanya dipakai oleh kalangan medis dan berfungsi melindungi seseorang dari percikan air liur atau bersin seseorang.

Walaupun dapat menutupi bagian mulut, masker bedah ini sendiri dinilai kurang efektif dalam melindungi Anda dari penularan virus corona maupun mikroba lainnya. Hal ini dikarenakan jenis masker yang satu ini mempunyai celah longgar yang bisa menjadi jalan kuman masuk.

  1. Masker N95 dan FFP1

Terakhir, ada jenis masker respirator N95 yang juga sedang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini guna mengurangi penyebaran virus corona. Jika dibandingkan dengan masker bedah, jenis masker ini cenderung lebih ketat sehingga pantas menjadi alternatif yang lebih baik. Adpaun masker ini mampu memfilter 95 persen partikel berukuran 0,3 mikron seperti virus tunggal dan termasuk PM 2.5.

Selain itu, ada beberapa jenis masker yang juga memiliki katup pernafasan dimana mampu mengurangi kelembapan. Adapun masker ini mampu menyaring dan menghentikan polutan, virus, dan bakteri agar tidak memasuki area mulut atau pun lorong hidung. Jika dibandingkan dengan semua jenis masker sebelumnya, masker N95 ini memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

Beberapa jenis masker diatas, diharapkan bisa Anda gunakan selama masa pandemi virus corona berlangsung. Adapun dapat disimpulkan bahwa ada baiknya bagi Anda untuk beli masker N95, karena dinilai mampu memberi perlindungan lebih efektif dibandingkan masker lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *